Bolehkah Bayi Makan Salmon?

Di antara berbagai jenis ikan, salmon memang dikenal sebagai salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Namun, bolehkan bayi makan salmon? Yuk, cari tahu penjelasannya berikut ini Mums dan intip juga resep olahan salmon untuk si Kecil!

Bolehkah Bayi Makan Salmon?

Sebenarnya hampir sama dengan jenis makanan lain, salmon boleh dikonsumsi, termasuk oleh bayi dan anak-anak, tetapi dengan jumlah secukupnya. Ikan salmon memiliki banyak kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi untuk berkembang, seperti vitamin D, zat besi, selenium, dan seng.

Selain itu, salmon juga menjadi salah satu sumber makanan laut terbaik yang kaya akan asam lemak omega-3, termasuk DHA, yang merupakan bagian terbesar dari otak bayi, sekaligus sangat penting untuk perkembangan visual dan kognitifnya.

Akan tetapi, karena polusi kimiawi di lautan yang mungkin berasal dari udara, pertambangan, perminyakan, ataupun pabrik gas, perlu diketahui bahwa banyak jenis ikan yang telah terkontaminasi logam dan polutan beracun.

Salah satu kandungan berbahaya yang perlu menjadi perhatian adalah merkuri, yakni logam yang pernah berada di air lalu diubah oleh mikroorganisme menjadi methylmercury. Zat yang satu ini berpotensi menyebabkan kerusakan otak.

Namun jika dibandingkan dengan tuna dan ikan populer lainnya, salmon termasuk rendah merkuri, tinggi asam lemak omega-3, bagus untuk bayi dan orang dewasa. Yang perlu diingat, karena bayi dan anak-anak sangat rentan terhadap risiko tersebut, penting bagi Mums untuk memastikan salmon yang dipilih bersih dan juga segar.

Saat memilih ikan kalengan salmon, pastikan pula pada kemasan kales tertulis tanpa tambahan garam atau rendah natrium, serta bebas BPA. Pasalnya, BPA adalah bahan kimia yang kerap digunakan untuk melapisi bagian dalam kaleng dan kantong. Bahan ini dapat mengganggu kadar hormon dan fungsi tubuh bayi.

BACA JUGA:  Kok Anak Uring-uringan Kalau Disuruh Sekolah Online?
Baca juga: Ingin Memberikan Keju untuk MPASI Si Kecil? Ini yang Perlu Diperhatikan!

Kapan Bayi Boleh Makan Salmon?

Salmon sebenarnya sudah dapat diperkenalkan segera setelah bayi siap untuk mengonsumsi makanan padat alias MPASI. Umumnya, fase ini dimulai ketika bayi berusia 6 bulan. Saat menyajikan salmon untuk si Kecil, penting untuk memastikan bahwa ikan telah dimasak dengan matang secara keseluruhan. Hindari menyajikannya dalam kondisi setengah matang atau mentah, seperti sushi dan sashimi.

Selain menghindari salmon dalam kondisi mentah, jangan pernah juga memberikan ikan yang diolah dengan cara diawetkan, dikeringkan, diasinkan, atau diasap. Ini karena pengolahan tersebut membuat ikan mengandung natrium dalam jumlah tinggi. Natrium yang berlebihan dapat memengaruhi indra perasa bayi, meningkatkan risiko obesitas, dan membuatnya berisiko lebih besar terkena hipertensi.

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Sejumlah Manfaat Kiwi untuk MPASI Si Kecil!

Bagaimana Menyajikan Salmon untuk Bayi?

Meski salmon bisa dikatakan cukup aman untuk diberikan kepada bayi dan anak-anak, Mums harus benar-benar memperhatikan cara penyajiannya. Ya, selain metode pengolahan yang tepat, Mums juga tidak boleh sembarangan menyajikan salmon untuk si Kecil.

Untuk menyajikan salmon bagi bayi berusia 6-12 bulan, pertama-tama pastikan Mums telah membuang semua tulang dan memasaknya hingga matang sempurna. Jika Mums ingin menyajikan salmon sebagai makanan pendamping atau finger snack, berikan si Kecil salmon yang telah dipotong-potong seukuran dua ruas jari kelingking orang dewasa. Ukuran ini adalah ukuran aman untuk bayi karena mudah ditelan. Selain itu, ukuran ini juga membuat si Kecil lebih mudah menggenggamnya.

Selain menyajikannya dalam bentuk potongan kecil, Mums juga bisa menyajikan salmon dengan cara dicincang halus dan ditambahkan dalam olahan makanan lain, seperti nasi atau bubur. Nah, berikut ini ada resep olahan salmon yang bisa Mums coba untuk si Kecil.

BACA JUGA:  Belajar Bahasa Isyarat Bayi

Bubur Salmon Labu Kuning

Bahan:
-1 sdm tepung beras
– 250 ml kaldu ikan tawar
– 40 gr ikan salmon yang telah dicincang halus
– 50 gr labu kuning yang telah dikupas dan dipotong-potong

Cara membuat:
– Larutkan tepung beras dengan kaldu ikan, aduk rata kemudian didihkan. Tambahan ikan salmon cincang dan labu kuning. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga semua bahan matang dan mengental. Angkat.
– Tuang bubur ke dalam blender. Proses hingga lembut. Angkat dan tuang ke dalam mangkuk makan. Sajikan.

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, pemberian kepada bayi harus dilakukan pada usia ideal memberikan MPASI dan dengan metode yang tepat. Jauh lebih baik lagi, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter sebelum memperkenalkan salmon kepada bayi ya, Mums! (AS)

Baca juga: Tanda-tanda Ini Jangan Dijadikan Patokan Bayi Sudah Siap MPASI Ya, Mums!

Referensi

Solid Starts. “Salmon“.

Resep Teman Bumil. “Bubur Salmon Labu Kuning”.

Comment