5 Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Menghilangkan Stres, Semuanya Mengasyikkan!

Stres bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan pada mental atau emosional, tapi juga bisa melukai secara fisik. Stres yang terus dibiarkan dapat menjadi penyebab di balik gangguan kesehatan sehari-hari, seperti sakit kepala, sakit punggung, insomnia, sakit perut, kecemasan, dan kemarahan. Stres juga dikaitkan dengan masalah kesehatan jangka panjang, seperti depresi, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Karenanya, stres haruslah dikelola dengan baik.

Berolahraga adalah salah cara yang ampuh untuk mengurangi stres. Sebab, ini memungkinkan otot kita untuk bergerak, mendorong aliran darah, dan membuat kita bernapas lebih dalam, yang memicu respons relaksasi tubuh. Walaupun begitu, beberapa jenis olahraga dinilai lebih bermanfaat daripada yang lain dalam hal pengurangan stres.

Baca juga: Makanan yang Dianjurkan Sebelum, Selama, dan Sesudah Olahraga

Jenis Olahraga untuk Menghilangkan Stres

Berikut ini 5 jenis olahraga yang bermanfaat untuk menghilangkan stres.

1. Yoga

Yoga dapat mengurangi stres karena pose yoga adalah salah satu bentuk latihan kekuatan, yang membuat tubuh lebih tangguh dan fleksibel, yang pada gilirannya mengurangi ketegangan fisik. Yoga juga menggunakan pernapasan dalam, yang memicu respons relaksasi tubuh.

Berlatih yoga juga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah. Tetapi, manfaat terbesar yoga adalah fokus mental yang digunakan saat sedang melakukan yoga. Tiap pose yoga membutuhkan konsentrasi, yang membuat pikiran terfokus pada apa yang kamu lakukan. Dan fokus adalah kunci manajemen stres.

Yoga juga merupakan bentuk olahraga yang cocok untuk individu dari segala usia, temperamen, dan tingkat kebugaran. Selain itu, ada beberapa jenis kelas yoga yang lebih lembut dan memiliki fokus utama pada pengurangan stres.

Sementara yang lain lebih fokus pada penurunan berat badan dan membentuk tubuh atletis. Menariknya lagi, bagi kamu yang tidak sempat mengikuti kelas yoga, kamu bisa berlatih yoga sendiri di rumah dengan menggunakan video yang bisa kamu dapatkan via online.

Baca juga: Yuk Yoga Selama #dirumahaja!

2. Tai Chi

Tai Chi berasal dari seni bela diri Tiongkok, dan sering digambarkan sebagai “meditasi dalam gerakan”. Ini adalah latihan berdampak rendah yang terdiri dari serangkaian gerakan lembut dan lancar, terkait dengan napas. Untuk mempraktikkan Tai Chi, kamu tidak peralu peralatan apa pun.

BACA JUGA:  Anti Stress, Tips Mendampingi Anak Belajar dari Rumah

Selain sebagai salah satu latihan terbaik untuk mengurangi stres, Tai Chi memiliki banyak manfaat kesehatan lain yang ditawarkan. Latihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kelenturan tubuh, meningkatkan energi, meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kesejahteraan, dan memperkuat kekebalan.

3. Menari

Hampir semua orang suka menari. Dan menari adalah cara yang menyenangkan untuk mengurangi stres, bahkan walaupun kamu menari tanpa aturan. Baik itu salsa, freestyle, klasik, kontemporer, balet, hingga street-style, kamu bebas memilih apa yang kamu inginkan.

Karenanya, menari bisa menjadi terapi yang pasti akan membantu mengurangi gejala stres, membuat kamu merasa bahagia, dan menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Jadi, saat kamu merasa stres, gerakkan tubuhmu dan menarilah.

4. Jalan kaki

Berjalan kaki merupakan terapi stres yang mudah dilakukan dan tidak memerlukan kelas atau peralatan khusus. Sering berjalan kaki dapat mengurangi timbulnya banyak kondisi terkait stres, termasuk penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, kolesterol, serta diabetes tipe 2.

Aktivitas berjalan kaki melepaskan ketegangan dari kelompok otot utama, memperdalam pernapasan dan menenangkan sistem saraf. Jalan kaki juga memungkinkan kamu keluar dan menikmati suasana alam, yang membuat kamu makin rileks.

Jika kamu baru mau mulai merutinkan berjalan kaki, usahakan untuk melakukan jalan kaki selama 10 menit dua kali seminggu. Setelah dua atau tiga minggu, tingkatkan frekuensi dan durasi jalan kaki secara bertahap. Untuk manajemen stres, individu direkomendasikan untuk berjalan kaki 30 menit selama 5 atau 6 kali seminggu.

5. Pilates

Pilates adalah rangkaian latihan yang menekankan pada kesadaran tubuh, kekuatan inti, dan keselarasan. Dengan fokus pada penguatan dan pemanjangan otot, Pilates menciptakan keselarasan fisik yang membuat individu tidak mudah terserang stres.

BACA JUGA:  Ilmuwan AS Jelaskan Efek Pakai Masker Terhadap Jantung Saat Olahraga

Seperti yoga, konsentrasi mental yang diperlukan untuk Pilates menarik kamu ke dalam momen yang mengharuskan kamu meninggalkan kekhawatiran. Menariknya lagi, Pilates dikenal mampu mengurangi sakit punggung dan leher, yang merupakan efek samping lain dari stres.

Walaupun stres merupakan hal yang umum dialami setiap orang, tapi stres tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan masalah lainnya yang terkait dengan kesehatan. Jadi, jika kamu merasa stres, segera lakukan aktivitas di atas untuk mengurangi stres yang kamu rasakan. Lebih baik lagi jika olahraga di atas dilakukan secara rutin sebagai upaya manajemen stres.

Baca juga: Suka Uring-uringan Sendiri, Tanda Kamu Butuh Dipeluk!

Sumber:

Calmsage.com. Best stress relieving excercises.

Evereydayhealth.com. 9 exercise stress relief.

Comment