Pontianak Segera Bentuk Satgas Covid-19 Tingkat RT

Pontianak Segera Bentuk Satgas Covid-19 Tingkat RT

Libatkan Semua Pihak Lawan Covid-19

KalbarOnline, Pontianak – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan pihaknya akan membentuk Satgas Penanganan Covid-19 tingkat RT/RW. Saat ini, pihaknya sedang menyusun komponen yang diperlukan dalam pembentukan satgas tingkat RT/RW, mulai dari sistem kerja, standar operasionalnya, bantuan dan apa yang harus dikerjakan oleh masyarakat.

“Satgas untuk tingkat kelurahan sudah terbentuk, kita ingin melibatkan semua pihak dalam melawan Covid-19 ini,” ujarnya, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga :  1.200 Orang Hadiri "Tumpahan Salok" di PCC, PASS: Warga di Perantauan Harus Memberikan Manfaat Sebesar-besarnya

Dengan melibatkan RT/RW, dirinya berharap penanganan Covid-19 lebih efektif hingga ke pelosok. Menurutnya, masyarakat semua sudah paham bahwa Covid-19 ini memang ada. Masyarakat juga tahu langkah apa yang dilakukan agar tidak tertular dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Pakai masker, cuci tangan, menahan diri serta menjaga jarak,” tuturnya.

Edi menambahkan, mencermati gelombang kedua Covid-19 ini, memang lebih banyak yang bergejala. Berbeda dengan sebelumnya, sekarang ini uji usap atau swab diutamakan terhadap mereka yang bergejala.

“Kalau ada yang merasa demam atau tidak enak badan, mereka datang ke fasilitas kesehatan dan melakukan swab,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Sambut Baik Penyerahan Barang Rampasan Korupsi Milik Akil Mochtar

Selain itu, lanjutnya, langkah tracing terhadap mereka yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 juga tetap dilakukan. Bagi mereka yang tidak bergejala, ia meminta untuk disiplin melakukan isolasi mandiri dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Sedangkan mereka yang bergejala, pihaknya melakukan perawatan hingga pasien tersebut sembuh.

“Kita harapkan pekan terakhir ini jumlah kasus Covid-19 semakin menurun,” harapnya. (prokopim)

Comment