Penyaluran Bansos 2020 Tidak Akan Terkendala La Nina

KalbarOnline.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan akan dampak fenomena La Nina di wilayah Indonesia. Pasalnya, dikhawatirkan dengan adanya peningkatan curah hujan yang tinggi bakal muncul potensi bencana seperti longsor dan banjir.

Mengenai hal itu, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara memastikan bahwa penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat tidak akan berdampak. Sebab, penyaluran bansos secara fisik sudah selesai.

  • Baca juga: Pemerintah Akan Tetap Salurkan Bansos pada 2021
Baca Juga :  BTS Kembali Raih Top Social Artist Billboard Music Awards

“Mengenai kendala cuaca, sebenarnya untuk penyaluran bansos secara fisik yang beras itu sudah selesai. Kelihatannya tidak terlalu terdampak dalam dua bulan terakhir ini,” terangnya dalam telekonferensi pers, Kamis (5/11).

Jika melihat program penyaluran yang masih berjalan, bantuannya itu dikirim melalui non tunai. Jadi menurut Mensos fenomena La Nina tidak akan mempengaruhi penyaluran bansos dari pemerintah.

“Karena yang fisik sudah selesai semua, sementara yang penyaluran non tunai tidak terpengaruh cuaca,” terangnya.

Baca Juga :  Moeldoko Ingatkan ke KAMI, Jangan Ganggu Stabilitas Politik Indonesia

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pun berharap pandemi ini segera berakhir. Dengan begitu, bansos yang dikirimkan untuk membantu masyarakat tidak lagi diperlukan.

“Ya mudah-mudahan Covid-19 segera selesai sehingga bantuan tidak diperlukan lagi oleh masyarakat, jika nanti berlarut-larut pemerintah pasti akan buat perancanaan baru,” sebutnya.

Comment