Pemerintah Akan Tetap Salurkan Bansos pada 2021

KalbarOnline.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pemerintah akan terus melalukan penyaluran bantuan sosial (bansos) di 2021. Hal tersebut merujuk arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melalukan evaluasi bansos.

Program bansos reguler juga akan tetap sama seperti yang dilakukan sebelumnya, seperti program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). Sedangkan, untuk program bantuan sosial tunai (BST) akan disesuaikan terlebih dahulu.

’’Jadi artinya sesuai dengan arahan presiden maka bantuan sosial dengan skema yang selama ini telah dilakukan telah dilaksanakan itu akan tetap berlanjut sampai pada kuartal ke 1 tahun 2021,’’ ujarnya dalam telekonferensi pers, Kamis (5/11).

Tentunya akan ada penyesuaian mengenai hal tersebut, seperti alokasi anggaran, kuota dan sistem penyaluran yang nantinya akan disampaikan lebih lanjut oleh kementerian teknis. ’’Tahun 2021 perlu diatur sinergi penyaluran bansos dari pusat hingga daerah,’’ tambah dia.

Usulan untuk penyesuaian anggaran bansos akan dibawa ke rapat terbatas untuk diputuskan oleh Jokowi. Harapannya di akhir November sudah ada kesepakatan melalui rapat terbatas tersebut. ’’Dengan demikian maka persiapan perencanaan bansos 2021 bisa dimulai sedini mungkin. Kita harapkan paling lambat awal Januari bisa segera disalurkan, teramh Menko PMK. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

BACA JUGA:  Doni Monardo: Rayakan Tahun Baru di Rumah Saja

Comment