Pandemi Covid-19 Dorong Trafik Smartfren di Indonesia Naik

KalbarOnline.com – Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah mendorong perubahan besar dalam pemanfaatan internet. Seiring perubahan tersebut, Smartfren mencatat terjadi peningkatan trafik di berbagai wilayah operasional, dengan kenaikan tertinggi di wilayah-wilayah pemukiman.

Guna merespon kenaikan tersebut dan memastikan pelanggan tetap mendapatkan koneksi internet terbaik, Smartfren mengklaim pihaknya terus melakukan peningkatan kapasitas, coverage serta optimasi jaringan.

Pada paro kedua 2020 kenaikan trafik secara nasional tercatat mencapai 24 persen dibandingkan dengan paruh pertama 2020. Kenaikan traffic terbesar terjadi di Samarinda mencapai 58 persen, kemudian Semarang mencapai 38 persen dan Balikpapan mencapai 36 persen.

Guna merespons kenaikan tersebut, Smartfren mengaku bakal terus melakukan optimasi jaringan secara nasional. Begitu pula terus dilakukan penambahan kapasitas jaringan yang kini sudah meningkat 29 persen sekaligus perluasan coverage 4G yang sudah mencapai 21 persen secara nasional.

Baca Juga :  Begini Cara Menikmati dan Biaya Langganan Disney+ Hotstar

Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Communications Smartfren menjelaskan, kenaikan trafik ini rata-rata terjadi karena perubahan perilaku masyarakat yang banyak masuk ke ranah digital, mulai dari kegiatan sekolah hingga bekerja.

’’Namun tidak perlu khawatir terjadi kepadatan karena perubahan ini bisa ditangani dengan baik. Smartfren pun terus memperluas coverage serta melakukan optimasi jaringan,’’ jelas Munir melalui jumpa pers virtual.

Munir melanjutkan, pihaknya sudah mengoptimasi 42 persen dari keseluruhan network, dan masih terus bertambah. “Selain itu kami juga menerapkan berbagai teknologi yang memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi,” imbuh Munir.

Baca Juga :  Wiku Adisasmito: Berat Menyampaikan 9 Ribu Kasus Rekor Harian Covid-19

Sukaca Purwokardjono, Deputy CEO Mobility Smartfren dalam kesempatan yang sama mengatakan, keunggulan network Smartfren saat ini sudah bisa dirasakan semua orang, apalagi dengan jaringan yang 100 persen 4G sehingga lebih stabil.

’’Namun pelanggan dengan gadget tertentu yang mendukung teknologi network tersebut bisa mendapatkan manfaat lebih besar. Misalnya pengguna iPhone 11 Pro dan Pro Max, iPhone SE, atau Samsung Galaxy Note 20 yang bisa memaksimalkan kecepatan download up to 540 Mbps,’’ terang Sukaca. (*)

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment