Menang KO Ganas, Sang Monster Jepang Naik ke Ranking 3 Terbaik Dunia

KalbarOnline.com-Ranking petinju terbaik dunia dari semua kelas (pound-for-pound) mengalami perubahan pekan ini.

Berdasarkan daftar petarung terbaik di dunia versi ESPN, salah satu peningkatan paling impresif dilakukan oleh Teofimo Lopez. Pasca mengalahkan Vasiliy Lomachenko untuk merebut sabuk juara dunia kelas ringan IBF, WBO, WBA, dan WBC, Lopez untuk kali pertama menembus 10 besar petinju terbaik dunia saat ini.

Lopez yang masih berusia 23 tahun menjadi petinju termuda kedua dalam sejarah yang meraih sabuk juara dari tiga badan tinju dunia. Dia hanya berada di bawah Mike Tyson sebagai juara dunia sejati termuda dalam sejarah.

Tyson berhasil menyatukan gelar juara dunia pada usia 21 tahun dan 37 hari pada Agustus 1987.

Saat ini, Lopez berada di peringkat lima. Bahkan menurut komentator ESPN Joe Tessitore, Lopez harusnya layak berada di peringkat kedua. Sebab dia berhasil menang dalam salah satu pertarungan yang sangat keras melawan petinju elite seperti Lomachenko.

  • Baca Juga: KO Brutal Lawan di Ronde 7, Sang Monster KO Jepang Tetap Juara Dunia

“Saya tahu bahwa pendapat ini akan membuat orang kesal. Tetapi saya kira Lopez berhak berada di peringkat kedua,” kata Tessitore. “Kita harus memberikan penghargaan kepada hasil dalam tinju. Tidak cuma soal status. Saat petarung terbaik bertarung melawan petarung terbaik di waktu yang tepat, harusnya dia mendapatkan penghargaan yang layak. Teofimo Lopez adalah salah satu petarung terdahsyat di dunia saat ini,” imbuhnya.

Baca Juga :  Usul Mantan Juara Dunia: Teofimo Lopez Wajib Menang KO Sebelum Ronde 5

Sementara itu, anggota panel ESPN lain yakni mantan juara dunia di dua divisi Timothy Bradley menempatkan Lopez di posisi ketiga. Bradley mengatakan bahwa Lopez berhak ada di peringkat tinggi dalam daftar.

“Itu adalah pertarungan yang bersejarah. Sebuah persembahan dahsyat dari petinju 23 tahun yang baru menjalani 16 pertarungan,” kata Bradley.

Teofimo Lopez menjadi juara dunia sejati setelah mengalahkan Vasiliy Lomachenko. (ESPN)

Tetapi secara keseluruhan, Lopez akhirnya menempati peringkat kelima. Ranking satu dalam daftar ESPN adalah Terence Crawford. Dia adalah juara dunia kelas welter WBC, WBO, dan The Ring. Sebelumnya, Crawford adalah pemegang sabuk juara dunia kelas ringan WBO.

Crawford untuk kali pertama menjadi juara dunia pada 2014. Sudah 14 kali pertarungan secara beruntun, dia sukses merebut dan mempertahankan sabuk juara dunia.

Pada 14 November mendatang, Crawford akan mempertahankan sabuk juara dunianya melawan petarung Inggris Kell Brook di MGM Grand Conference Center, Las Vegas. Rekor pertarungan Crawford sangat luar biasa. Naik ring sebanyak 36 kali, dia mencatat 36 kemenangan. Crawford tampil solid dengan catatan 27 kemenangan KO.

Pekan ini, Crawford menggeser posisi Lomachenko yang sebelumnya berada di posisi pertama. Kekalahan atas Lopez membuat Lomachenko turun ke peringkat keenam.

Petinju nomor dua dalam daftar adalah juara dunia kelas menengah dan menengah super Saul Canelo Alvarez. Kemenangan atas Sergey Kovalev pada November tahun lalu juga membuat Alvarez merebut sabuk juara dunia kelas berat-ringan WBO.

Baca Juga :  Sekda Melawi Tutup Turnamen Bulu Tangkis Antar Instansi

Berada di posisi ketiga adalah Sang Monster asal Jepang, Naoya Inoue. Dia naik satu setrip setelah kemenangan KO ronde ketujuh atas Jason Moloney di MGM Grand, 1 November lalu WIB.

Inoue adalah pemegang sabuk juara dunia kelas bantam WBA (Super), IBF, dan The Ring. Dominasi Inoue di kelas ini sangat luar biasa. Dia mencatat rekor menang-kalah sempurna, 20-0.

Sebanyak 17 pertarungan, Inoue selesaikan lewat kemenangan KO. Kecepatan, power, dan eksplosifitas Inoue mendapatkan pujian tinggi dari komunitas tinju dunia. Penampilan ganasnya melawan Moloney menandai debut dahsyatnya di Las Vegas.

Daftar 10 Besar Petinju Terbaik Dunia
(Versi ESPN)

1. Terence Crawford (Juara Dunia Kelas Welter)
2. Saul Canelo Alvarez (Juara Dunia Kelas Menengah)
3. Naoya Inoue (Juara Dunia Kelas Bantam)
4. Errol Spence Jr (Juara Dunia Kelas Welter)
5. Teofimo Lopez (Juara Dunia Kelas Ringan)
6. Vasiliy Lomachenko (Mantan Juara Dunia Kelas Ringan)
7. Oleksandr Usyk (Juara Dunia Kelas Penjelajah)
8. Tyson Fury (Juara Dunia Kelas Berat)
9. Juan Francisco Estrada (Juara Dunia Kelas Bantam Junior)
10. Gennadiy Golovkin (Juara Dunia Kelas Menengah)

Comment