Jangan Lengah dan Berpuas Diri Hadapi Pandemi, Tetap Ingat Protokol 3M

KalbarOnline.com – Untuk menurunkan kasus baru Covid-19 diperlukan kekompakan antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Pemerintah berkomitmen meningkatkan 3T yakni testing, tracing, dan treatment. Sedangkan masyarakat wajib menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan saat ini penanganan Covid-19 di Indonesia sudah berada pada jalur yang tepat. Dia berharap masyarakat tidak berpuas diri dan lengah.

“Kami berharap jangan sampai terlena dan berpuas diri dengan pencapaian yang ada,” katanya dalam konferensi pers baru-baru ini.

Baca Juga :  Banyak Relawan di JICT Reaktif Covid-19, Basarnas Imbau Disiplin 3M

Prof Wiku menegaskan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, tetap menerapkan pola hidup sehat seperti asupan bergizi, istirahat, dab berolahraga.

“Kepada masyarakat jangan lengah, capaian ini harus menjadi motivasi untuk terus tingkatkan kesadaran terhadap pentingnya pencegahan Covid-19, disiplin protokol kesehatan 3M serta jauhi kerumunan. Selain itu pastikan juga beristirahat cukup, makan makanan bergizi dan rutin berolahraga,” katanya.

Prof Wiku mengingatkan masyarakat untuk segera melakukan tes jika memang pernah kontak erat atau merasakan gejala Covid-19. Selain itu wajib anjuran tenaga kesehatan selama mengikuti masa isolasi dan perawatan.

Baca Juga :  Kemenag Kaji Tiga Skenario Penyelenggaraan Umrah Ketika New Normal

“Apabila rasakan gejala segera testing di fasilitas kesehatan terdekat. Bagi masyarakat yang positif, saya minta agar ikuti anjuran tenakes selama masa treatment, sehingga dapat segera sembuh,” katanya.

“Jangan takut ke RS karena biaya perawatan sepenuhnya ditanggung pemerintah. Pandemi akan lebih mudah ditangani apabila masyarakat dan pemerintah sepakat bahu membahu jalankan perannya masing-masing,” tutupnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment