14 Pasien Terima Bantuan Operasi Katarak Gratis dari BKMM Pontianak

14 Pasien Terima Bantuan Operasi Katarak Gratis dari BKMM Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 14 pasien mendapat bantuan operasi katarak gratis dalam rangka ulang tahun yang kedua Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Kota Pontianak, Kamis (5/11/2020).

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengapresiasi kegiatan bakti sosial operasi katarak bagi masyarakat tidak mampu yang belum memiliki jaminan kesehatan nasional.

“Saya sangat mendukung semua bentuk kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesehatan masyarakat Kota Pontianak,” ujarnya.

Baca Juga :  Mancing di Sungai Kapuas, Wako Edi Kampanyekan Jaga Kebersihan Sungai

Dirinya berharap kehadiran BKMM ini bisa menjadi salah satu tempat rujukan bagi warga yang ingin memeriksakan kesehatan matanya. Mulai dari pencegahan hingga tindakan operasi. Ia meminta BKMM tidak hanya semata melakukan tindakan, tetapi juga melakukan pencegahan dalam menjaga kesehatan mata.

“Dengan bekerjasama dengan puskesmas, PKK atau tokoh masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, mata merupakan satu diantara panca indera yang sangat penting untuk melihat. Oleh sebab itu sudah semestinya kesehatan mata harus dijaga. Namun ia menyayangkan masih banyak yang abai dalam menjaga kesehatan mata.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Optimalkan Sebaran JKN Sampai 98 Persen

“Misalnya menonton televisi terlalu dekat, bermain game di gadget terlalu lama, membaca dalam kondisi kurang cahaya, dan sebagainya,” terang Edi.

Terkait fasilitas yang tersedia di BKMM, Edi menyebut pihaknya sudah mempersiapkan fasilitas untuk pelayanan khusus mata.

“Dokter spesialis mata dua orang didukung oleh dokter umum dan perawat serta peralatan medis yang memadai,” ucapnya. (prokopim)

Comment