Plt Bupati Serahkan Bonus ke Kafilah Ketapang yang Berlaga di MTQ Kalbar XXVIII

Plt Bupati Serahkan Bonus ke Kafilah Ketapang yang Berlaga di MTQ Kalbar XXVIII

KalbarOnline, Ketapang – Plt Bupati Ketapang, Suprapto menyerahkan bonus kepada para juara dan pelatih Kafilah MTQ Ketapang pada MTQ ke XXVIII tingkat Provinsi Kalbar 2020 di Kabupaten Sekadau, Minggu (1/11/2020) malam di Ponpes Mambaul Khairat, Kelurahan Kauman Benua Kayong, Ketapang.

Sebanyak 11 orang pemenang Kabupaten Ketapang ajang MTQ ke-XXVIII Kalbar menerima reward/bonus (penghargaan) dari Pemerintah Kabupaten Ketapang. Reward berupa uang itu diserahkan langsung oleh Plt Bupati Ketapang, Suprapto.

Besarnya uang yang diserahkan kepada juara satu sebanyak tiga orang masing-masing sebesar Rp5 juta, diberikan kepada Riduansyah, Uswatun Hasanah (golongan Hafalan 500 Hadits tanpa sanad putra dan putri) dan Maryani (golongan Hafalan 100 Hadits dengan sanad putri). Juara dua sebanyak satu orang sebesar Rp4 juta diserahkan kepada Anmad Muslih Amin, (golongan Hafalan 100 Hadits dengan sanad putra).

Juara tiga sebanyak satu orang sebesar Rp3 juta, diserahkan kepada Normah (Qiraat Sab’ah Mujawwad Dewasa Putri). Sementara juara harapan dua sebanyak dua orang mendapat Rp1,5 juta diberikan kepada Trisnawati (Tilawah Dewasa Putri) dan Nurhayati, (Hafalan Qur’an 30 juz).

Juara harapan tiga sebanyak empat orang, masing-masing mendapatkan Rp1 juta diberikan kepada Hj. Siti Tarbiyah (Tilawah Murattal usia emas putri). Wanodiah (Tilawah cacat netra putri). Haris Gunawan, (Hifzil Qur’an 10 juz Putra) dan Anggita Desmitasari (Tilawah anak putri).

Baca Juga :  Ketapang Siaga Darurat Asap

Reward atau bonus itu tidak hanya diberikan kepada sang juara, namun Pemkab Ketapang juga menyerahkan uang kepada empat orang pelatih yang memenangi juara MTQ tersebut. Mereka masing-masing mendapatkan Rp5 juta, diberikan kepada KH. Ahmad Idlan, Ust. Zuhud, Ust. H.M. Dhofir dan Ust. Zakaria.

Suprapto atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kafilah Kabupaten Ketapang yang meraih prestasi dan semua terlibat di dalamnya.

“Semua prestasi yang diraih dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk masa yang akan datang. Ini penting karena dalam rangka menghadapi MTQ pada tahun 2021 di Kabupaten Sintang dan persiapan sebagai tuan rumah MTQ ke-30 tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022 di Kabupaten Ketapang,” ungkapnya.

Menurutnya reward tersebut merupakan salah satu kepedulian Pemda guna memberikan motivasi kepada para peserta dan pelatih untuk lebih giat berlatih dan belajar, sehingga dapat berprestasi dan mengharumkan nama daerah. Mengingat MTQ merupakan ajang yang bergengsi antar kabupaten.

“Kita dituntut tidak hanya mempersiapkan peserta secara matang, akan tetapi dituntut untuk membicarakan strategi agar lebih meningkatkan perolehan juara pada MTQ selanjutnya,” katanya.

Kepada pengurus LPTQ Kabupaten Ketapang, Suprapto meminta untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan MTQ yang telah selesai dilaksanakan.

“Adakan pembinaan secara rutin, sehingga pada saatnya nanti meraih prestasi yang dapat membanggakan, berkat tekat dan semangat yang tinggi untuk mengharumkan Kabupaten Ketapang,” tandasnya.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Matangkan Persiapan MTQ ke-30 Tingkat Provinsi Kalbar

Sementara Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Ketapang, Arifinsyah mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang atas pemberian reward kepada para pemenang dan pelatih.

Selain itu, ia juga menjelaskan terkait perolehan peringkat juara antar kabupaten pada MTQ ke-28 di Sekadau, bahwa menurutnya jika tiga peserta yang mendapat juara pertama dan satu orang juara dua dimasukan dalam rekapitulasi perolehan nilai urut juara umum, maka Kabupaten Ketapang berada di urutan ke tujuh dari 14 kota dan kabupaten se Kalbar, bukan urutan 12.

“Tidak dimasukan perolehan nilai dalam cabang hafalan Hadis, dikarenakan cabang atau golongan ini, tidak dilombakan pada MTQ tingkat Nasional pada tahun ini. Insya Allah pada STQ Nasional tahun depan baru diikutkan,” jelasnya.

Penyerahan reward/Bonus kepada para juara MTQ dirangkai dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Mambaul Khairat, Kelurahan Kauman Kecamatan Benua Kayong Ketapang.

Acara Peringatan Maulid Nabi dan penyerahan reward/Bonus selain dihadiri Plt Bupati Ketapang, juga dihadiri Asisten II, Kabag Kesra Setda Ketapang, Kemenag Ketapang, Ketua Umum MUI Ketapang, jajaran Pengurus LPTQ Ketapang, peserta kafilah MTQ ke-28 tingkat Provinsi Kalbar, para undangan dan seluruh santri Mambaul Khairat. (Adi LC)

Comment