Menang Ketat Selisih 2 Poin, Trump Caplok Suara Biden di Texas

KalbarOnline.com – Calon presiden AS petahana dari Demokrat, Donald Trump berhasil meraup suara di daerah pedesaan negara bagian Texas. Trump telah memimpin sekitar 2 poin persentase atas Joe Biden. Trump mengantongi 4.460.443 suara rakyat AS, dibandingkan dengan 4.278.076 yang diraih Biden.

Di Tarrant County, Trump juga memiliki keunggulan tipis atas Biden. Dia memiliki 354.917 suara, dibandingkan dengan 353.312 yang didapat Biden. Sekitar 50 ribu suara masih tersisa yang belum dihitung di Tarrant.

  • Baca juga: Donald Trump Menang Telak di Millsfield, Kalahkan Biden Selisih Jauh

Dilansir dari FourthWorth Star Telegram, Rabu (4/11), Biden memimpin lebih awal pada malam hari tetapi hasil akhir di Texas Barat dan Panhandle, justru disalip Trump. Texas memang sangat kompetitif dalam pemilihan presiden AS.

Sebelumnya, Mitt Romney mengalahkan Barack Obama pada 2012 dengan 15 poin persentase. Hillary Clinton kalah dari Trump pada 2016 dengan 9 poin persentase. Itu adalah margin terdekat di Texas sejak 1996. Namun media memproyeksikan Trump sebagai pemenang di detik terakhir, satu jam setelah pemungutan suara ditutup. Angka partisipasi pemilih juga meningkat.

  • Baca juga: Berjaya di 4 Negara Bagian Paling Berpengaruh, Biden Ungguli Trump
Baca Juga :  Terungkap, Kunci Keberhasilan Singapura Tekan Angka Kematian Covid-19

Peningkatan pendaftaran diikuti oleh peningkatan suara yang cepat. Kira-kira 730 ribu warga telah memberikan suara sebelum hari pemilihan di Tarrant County, melampaui jumlah pemilih 2016 sebanyak hampir 40 ribu. Di Texas, total pemungutan suara awal dan surat suara awal adalah 9,7 juta. Hanya 8,9 juta suara yang diberikan di Texas dalam pemilihan presiden 2016.

Kedua kandidat mengakui pentingnya Texas dalam pernyataan dan pidato selama kampanye. Trump, yang menyatakan dukungan untuk minyak, senjata, dan agama, mencatat pada Agustus bahwa Biden akan kesulitan memenangkan negara bagian itu.

Baca Juga :  Ambisi Tiongkok Bangun Fasilitas Militer Berkelas Dunia Kalahkan AS

Trump berkicau pada 31 Oktober ‘I LOVE TEXAS’ setelah pendukung Trump mengepung dan bentrok dengan pendukung Biden di Hays County. Sementara pada Juni, Biden berpidato di depan konvensi Partai Demokrat negara bagian dengan memuji Texas.

“Texas adalah negara bagian medan pertempuran yang penting untuk kampanye pada 2020. Saya pikir kami memiliki peluang nyata untuk mengubah keadaan,” sebutnya.

Republikan mengatakan mereka telah mendaftarkan setidaknya 160 ribu penduduk baru Texas sejak September lalu. Sementara Demokrat mencari pemilih di kota dan pinggiran kota untuk mendapatkan suara baru.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment