138 Ribu Pelamar Lolos CPNS

KalbarOnline.com – Rekrutmen CPNS 2019 yang berlangsung sampai 2020 sudah selesai. Sebanyak 138.791 orang pelamar dinyatakan lulus jadi abdi negara. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan jika dikelompokkan dari asal tempat kuliah, lulusan CPNS terbanyak dari Universitas Terbuka (UT).

Seperti diketahui total lowongan untuk CPNS 2019 dibuka sebanyak 150.371 kursi. Dari jumlah tersebut ada 138.791 pelamar dinyatakan lolos seleksi. Sementarai itu ada 11.580 formasi kosong karena tidak ada pelamar yang lolos.

Baca Juga :  Medina Zein Balas Menyindir Irwansyah

Lebih lanjut Suharmen mengatakan Kampus UT memimpin sepuluh besar perguruan tinggi asal peserta yang lolos CPNS 2019. Disusul kemudian Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Kemudian diikuti Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Sumatera Utara (USU), dan Universitas Sriwijaya (Unsri). Suharmen mengatakan BKN mengusulkan supaya instansi yang memiliki formasi kosong, untuk mengusulkan pengisian pada rekrutmen CPNS berikutnya.

Baca Juga :  Banjir dan Tanah Longsor Landa Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

BKN belum bisa memastikan apakah tahun depan ada rekrutmen CPNS baru. Sebab kewenangan membuka lowongan CPNS baru ada di Kementerian PAN-RB. Termasuk untuk pengisian kembali formasi kosong, juga kewenangan Kementerian PAN-RB disesuaikan dengan kuota yang disiapkan. Dia menegaskan bahwa kuota kosong itu tetap diperlukan.

Comment