DPR Dukung Erick Thohir Prioritaskan Vaksin Merah Putih 

KalbarOnline.com – Pemerintah tengah kerjasama pengadaan vaksin Covid-19 dengan beberapa negara. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus mendorong pengembangan produksi vaksin Covid-19 buatan dalam negeri atau biasa disebut vaksin merah putih.

Vaksin tersebut, dikembangkan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman di Indonesia yang sudah memasuki tahap uji ke hewan, ditargetkan bisa diproduksi dan digunakan pada tahun 2022.

Pengembangan vaksin Merah Putih sendiri sudah mencapai 55 persen. Pengembangan vaksin telah memasuki tahap menghasilkan protein rekombinan. Vaksin telah diuji ke sel mamalia dan sel ragi. Jika hasil protein rekombinan stabil, tahap selanjutnya adalah uji coba kepada hewan. Lalu bibit vaksin akan diserahkan ke Bio Farma untuk uji klinis lanjutan. Adapun uji klinis tahap satu, dua dan tiga ditargetkan dilakukan mulai Mei 2021.

    • Baca Juga: Jika Sudah Ada Vaksin Covid-19, DPR Minta Masyarakat Tetap Terapkan 3M

Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi mendukung komitmen Erick Thohir yang tetap memprioritaskan vaksin merah putih sebagai hasil karya anak bangsa. Namun ia mengingatkan agar vaksin yang akan diproduksi dalam negeri juga harus memenuhi standar kesahatan dunia internasional.

Baca Juga :  Soal Lockdown Akhir Pekan, IDI: Terpenting Disiplin Protokol Kesehatan

“Kita kan sangat mendukung vaksin produksi dalam negeri yang kemudian diistilahkan vaksin merah putih, tapi vaksin yang akan diproduksi dalam negeri juga harus memenuhi standar kesahatan dunia, bukan hanya sekedar gagah-gagahan pokoknya bisa memproduksi vaksin, tapi harus benar-benar sesuai dengan standar dunia internasional,” ujar Baidowi, Selasa (3/10).

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan bahwa di era Pandemi Covid-19 saat ini menghasilkan kendala di bisnis kesahatan di tanah air, selain itu juga masih adanya persoalan di bidang kesehatan yang mayoritas berasal dari impor.

Karena dengan adanya keberpihakan terhadap vaksin Merah Putih, menurut politikus yang akrab disapa Awiek itu menganggap sebagai wujud perhatian Erick Thohir untuk meningkatkan kualitas dunia medis dan obat-obatan di Indonesia dan terutama mampu menekan ketergantungan terhadap impor.

“Maka kemudian kalau ada semacam upaya afirmasi terhadap keberpihakan kita terhadap vaksin-vaksin yang diporduksi oleh anak negeri itu luar biasa bagus,” terangnya

Lebih lanjut Awiek juga menturkan, vaksin merah putih akan menjadi kebanggan Indonesia dalam dunia medis, selain untuk menciptakan kemandirian dalam bidang kesehatan, sehingga tidak selalu bergantung pada impor.

Baca Juga :  Disporapar Kalbar Mulai Terapkan Aplikasi Peduli Lindungi

“Tapi harus dipastikan bahwa bahan baku vaksin yang akan dibuat itu mayoritas produk dalam negeri, kalau kemudian vaksinnya dibuat di Indonesia tapi bahan bakunya imporkan sama dengan bohong itu, tetapi ada komposisi produk domestiknya berapa, itu mestinya saya kira untuk memenuhi kualifikasi dia sebagai produk dalam negeri,” ungkapnya.

Sebelumnya Erick Thohir menerangkan, sebagai langkah jangka panjang, pemerintah Indonesia memberikan prioritas untuk mengembangkan vaksin Merah Putih.

Menurut Erick, pengadaan vaksin Merah Putih merupakan langkah penting bagi pemerintah Indonesia untuk mengurangi ketergantungan pada vaksin impor Covid-19.

Vaksin Merah Putih ditargetkan bisa diproduksi massal pada 2022. Tetapi untuk 2020 dan 2021, untuk mengatasi pandemi virus corona, pemerintah akan mengandalkan vaksin buatan luar.

“Pengembangan vaksin Merah Putih adalah sangat penting. Karena pengadaan vaksin impor tidak boleh menjadi kebiasaan. Kita harus mengadakan vaksin Merah Putih sendiri agar di 2022 tidak beli lagi vaksin dari luar negeri, tapi lakukan sendiri,” katanya.

Comment