Selain 3M, Penting Terapkan Iman, Imun, dan Aman Saat Liburan

KalbarOnline.com – Musim liburan diprediksi bisa mendorong lonjakan kasus baru Covid-19. Maka perilaku disiplin mematuhi protokol kesehatan yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun adalah hal yang mutlak.

Anggota Tim Pakar Satgas Covid-19 Turo Wongkaren menjelaskan, satgas memiliki kiat untuk mengedukasi masyarakat. Yaitu caranya dengan 3 langkah.

“Yakni memberitahu atau mencolek masyarakat untuk mematuhi 3M. Lalu masyarakat yang sudah tahu pasti perlu diingatkan. Terakhir adalah menerapkan sanksi,” katanya dalam konferensi pers baru-baru ini.

  • Baca Juga: Hati-Hati, Covid-19 Berpotensi Menular Saat Masyarakat Demo
Baca Juga :  Gibran-Jokowi Tak Ambil Pusing Setelah Dilaporkan ke KPK Dugaan Kolusi-Nepotisme

Selain 3M, agar usai liburan tetap tidak terinfeksi Covid-19, masyarakat harus melaksanakan iman, imun dan aman.

“Iman bahwa kita percaya ada Tuhan yang menjaga. Ada ketenangan batin. Lalu imun, soal hal-hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Yaitu dengan olahraga dan minum vitamin serta istirahat yang cukup,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Terima Kunjungan Badan Pembina Ideologi Pancasila

Terakhir, aman. Yaitu aman dari Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol 3M. “Semuanya diharapkan bisa membuat perilaku berubah. Untuk gampangnya selalu ingat pesan ibu,” ujarnya.

“Liburnya panjang dan agenda Maulid di sejumlah daerah di Indonesia berpotensi tingkatkan kasus baru. Makanya harus hati-hati. Paling penting adalah ubah perilaku kita,” pungkas Turo.

Comment