by

Jadwal Clasico Pro-Barca, Superclasico Milik River

KalbarOnline.com – Real Madrid akhirnya meraih kemenangan pertama di Liga Champions musim ini. Gol tunggal Toni Kroos pada menit ke-18 memastikan Real membawa pulang hasil absolut di kandang Galatasaray kemarin (23/10).

Kemenangan itu sangat penting untuk membuka peluang Real lolos ke babak 16 besar dari grup A. Sebab, dua laga berikutnya dimainkan di kandang sebelum menutup fase grup di kandang Club Brugge pada 12 Desember mendatang.

Memastikan lolos sebelum melawan Brugge bisa sangat krusial. Sebab, setelah melawan juara Belgia tersebut, Real ditunggu dua laga tandang tricky. Masing-masing ke Valencia (15/12) dan yang terbaru, El Clasico di Camp Nou, tiga hari kemudian (18/12).

Kepastian laga melawan FC Barcelona dimainkan pada 18 Desember merupakan penetapan dari Komite Kompetisi RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol). Jadwal awal laga El Clasico edisi ke-276 itu adalah akhir pekan nanti (26/10). Tetapi, krisis politik di Catalan membuat laga ditunda.

Penetapan dari Komite Kompetisi RFEF disebut belum disetujui otoritas La Liga lantaran bersamaan dengan babak 32 besar Copa del Rey. Usul La Liga adalah 4 Desember.

Tetapi, Barca-Real tidak setuju dengan usul tersebut karena matchday pamungkas fase grup Liga Champions belum berakhir. ’’Saya tidak suka dengan perang internal antara federasi dan La Liga. Saya hanya ingin El Clasico yang normal,’’ ucap entrenador Barca Ernesto Valverde kepada Marca.

Jika di Spanyol ada El Clasico, di Argentina ada Superclasico. Kemarin River Plate membuktikan masih superior ketimbang Boca Juniors di semifinal Copa Libertadores. Meski kalah 0-1 di kandang Boca dalam second leg, River berhak melenggang ke final berkat agregat 2-1.

Hasil itu seolah ulangan hasil Los Millonarrios –julukan River Plate– tahun lalu. Kala itu tim asuhan Marcello Galardo tersebut menjuarai Copa Libertadores setelah mengalahkan Boca di final dengan agregat 5-3.

Comment

News Feed