Boleh Tidak Sih Ibu Hamil Makan Salmon?

Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang dikenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Namun, sebagai ibu hamil, Mums tentu perlu memperhatikan pola dan jenis makanan yang terbaik dan tidak boleh sembarangan. Hal ini tentu saja bukan untuk menjaga kesehatan Mums, tetapi juga si Kecil dalam kandungan. Lantas, bolehkah ibu hamil mengonsumsi salmon?

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Salmon?

Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi ikan salmon? Jawabannya, tentu boleh. Salmon memiliki nilai gizi yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil dan bayi dalam kandungan.

Sebagai ikan yang rendah lemak, salmon merupakan salah satu ikan paling bergizi yang bisa menjadi pilihan bagi Mums. Selain itu, salmon juga dapat membantu mencegah banyak penyakit, yang dengan demikian dapat melindungi Mums dan juga si Kecil.

Baca juga: Manfaat di Balik Nikmatnya Ikan Salmon

Manfaat Mengonsumsi Salmon bagi Ibu Hamil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salmon memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Berikut di antaranya:

1. Kaya akan asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 dikenal karena banyak manfaatnya, seperti menjaga kesehatan jantung, penglihatan yang lebih baik, dan peningkatan perkembangan saraf. Mengonsumsi makanan dengan kandungan ini dapat mendukung kesehatan Mums dan juga bayi yang belum lahir.

Baca Juga :  Mengenal Tokofobia, Ketakutan Hamil dan Melahirkan yang Berlebihan

2. Kaya protein dan vitamin

Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan otot. Sementara vitamin sangat berperan dalam menjaga tingkat tekanan darah yang optimal, mencegah penyakit jantung, dan meningkatkan kekebalan. Selain itu, vitamin juga sangat bagus untuk kesehatan mata, kulit, dan rambut, serta bekerja sebagai antioksidan untuk melawan racun.

3. Baik untuk jantung

Salmon sangat baik untuk kesehatan jantung karena membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol serta mencegah pembekuan darah, terutama di arteri.

4. Membantu mencegah persalinan prematur

Ikan yang memiliki kandungan rendah lemak dan asam lemak omega 3 yang tinggi, seperti salmon, sangat bagus untuk tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa ikan salmon dapat membantu mencegah persalinan prematur.

5. Kandungan DHA yang tinggi

Ikan salmon memiliki kandungan DHA yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu perkembangan otak janin bayi. Selain itu, DHA juga membantu mencegah risiko depresi pasca persalinan bagi ibu hamil.

Baca juga: Mums, Ini Dia Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil!

Hal Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Ibu Hamil Jika Ingin Mengonsumsi Salmon?

Salmon memang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan, akan tetapi ibu hamil perlu memperhatikan beberapa hal agar konsumsi salmon bisa tetap aman untuk Mums. Cara terbaik untuk mengolah salmon bagi ibu hamil adalah dengan dimasak, bisa digoreng, direbus, atau dipanggang. Pastikan untuk menghindari olahan mentah seperti sushi atau sashimin. Ini karena daging salmon mentah bisa membuat Mums berisiko terkena infeksi bakteri.

Baca Juga :  Ini Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Kekurangan Vitamin D!

Selain memperhatikan metode pengolahannya, Mums juga sebaiknya tidak mengonsumsi salmon dalam jumlah yang berlebihan. Meski salmon adalah salah satu jenis ikan yang mengandung paling sedikit merkuri, namun mengonsumsinya secara berlebihan juga dapat meningkatkan jumlah merkuri dalam tubuh yang berisiko mengganggu kesehatan.

Salmon juga berisiko mengandung PCB atau bifenil poliklorinasi yang bersifat karsinogenik, sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kanker. PCB juga merupakan faktor penyebab dalam menghambat perkembangan janin. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi salmon secukupnya saja.

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk bagi Mums yang sedang hamil. Akan tetapi, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup serta mengolahnya secara tepat ya, Mums. (BAG)

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Referensi

Parenting First Cry. “Eating Salmon Fish during Pregnancy – Is It Safe?“.

Comment