Jadi Juara Dunia, Si Kutu Resmi Jadi Petarung Top Dunia Kelas Terbang

KalbarOnline.com-Juara dunia kelas terbang junior WBO asal Meksiko Elwin Soto sukses besar mempertahankan gelarnya.

Dalam pertarungan di Fantasy Springs Resort Casino, Indiho, California (31/10) WIB, Soto mengalahkan penantangnya Carlos Buitrago.

Soto menang lewat keputusan mutlak juri dalam 12 ronde. Kerja keras yang diperlihatkan Soto membuat tiga juri memberikan angka telak dengan skor 119-109, 117-111, dan 115-113.

  • Baca Juga: Beringas, Bikin Lawan Pingsan di Ronde 6, Jadi Juara Dunia Dua Kelas
  • Baca Juga: KO Brutal Lawan di Ronde 7, Sang Monster KO Jepang Tetap Juara Dunia

Buitrago sendiri sudah enam kali berusaha merebut gelar juara dunia. Namun, usaha petinju asal Nikaragua itu masih saja belum berhasil.

Baca Juga :  Striker Timnas Ghana, Raphael Dwamena Meninggal Dunia Setelah Jatuh di Tengah Lapangan

“Saya sangat bahagia bisa memenangkan pertarungan,” ucap Soto seperti dilansir Fight News. “Saya berusaha untuk terus menekan untuk menghasilkan angka. Ini adalah pertarungan yang keras dalam usaha saya mempertahankan gelar,” imbuh petarung berjuluk La Pulga alias Si Kutu tersebut.

“Gaya bertarungnya menyulitkan saya. Tetapi saya merasa saya sudah melakukan yang terbaik untuk menang. Sekarang ini waktunya bagi saya untuk beristirahat dan melihat apa yang akan direncanakan tim untuk saya,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari Compubox, Soto memang tampil lebih efektif. Dia mencatat 170 pukulan masuk. Jumlah itu lebih banyak ketimbang Buitrago yang hanya menghasilkan 147 pukulan masuk.

Baca Juga :  Tunggal Kita No 322 dan 247 Dunia Kompak Sapu Bersih, Tapi Beda Nasib

Secara persentase, Soto mencetak 31 persen pukulan masuk. Jauh lebih efektif ketimbang Buitrago yang cuma memproduksi 18 persen.

Total, Buitrago mencatat 789 pukulan. Jumlah itu lebih banyak ketimbang milik Soto (550). Namun, Soto dinyatakan menang karena dia bertarung jauh lebih efektif, efisien, dan jelas lebih baik.

Soto sejauh ini mencatat rekor 18 kali menang dan sekali kalah dalam 19 pertarungan. Soto sukses menang KO dalam 12 pertarungan. Dengan rekornya yang solid, Soto adalah salah seorang petarung terbaik di divisi kelas terbang bersama petarung top macam Ken Shiro dan Hiroto Kyoguchi.

Comment