Alhamdulillah, Jamaah Umroh Indonesia Mulai Berangkat Hari Ini

KalbarOnline.com – Pemerintah Arab Saudi kembali menerima kedatangan jamaah umrah dari luar negaranya, termasuk Indonesia per 1 November.

Kementerian Agama (Kemenag) memastikan jamaah Indonesia mulai bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umroh di dua kota suci Mekkah dan Madinah. Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim mengatakan bahwa visa jamaah umroh di Tanah Air sudah diproses oleh pemerintah Arab Saudi.

“Secara B to B visa sudah proses dan besok (hari ini-red) mulai berangkat,” kata Arfi dikutip dari Okezone, Ahad,(1/11/2020).

Arfi mengatakan, pihaknya masih mendata berapa jumah jamaah umrah yang bertolak ke Arab Saudi setelah dibukanya ibadah umrah untuk jamaah di luar Arab Saudi mulai 1 November 2020.

Baca Juga :  Ulah Oknum Cat Cabai Rugikan Petani, Bupati Al Khadziq: Cabai Temanggung Terbaik Untuk Dikonsumsi

Menurut dia, calon jamaah umrah harus terlebih dahulu melakukan swab test sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi. “Kami masih mendata karena terkait hasil PCR-nya,” kata dia.

Ia menambahkan, para calon jamaah umrah Indonesia juga diminta untuk mengikuti semua protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah dan Arab Saudi. “Mengikuti protokol Pemerintah Saudi dan Indonesia,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Arab Saudi membuka kedatangan jamaah umrah dari luar negaranya dengan memberlakukan kriteria usia mulai 18-50 tahun.

Sebanyak 59.757 jamaah umrah Indonesia yang sudah mendapatkan nomor registrasi, namun terdampak oleh kebijakan Saudi karena pandemi Covid-19, sehingga tertunda keberangkatannya.

Mereka sudah mendaftar di Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan sudah diinput dalam Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SISKOPATUH).

Baca Juga :  Polres Jaksel Segera Periksa Nurhadi dalam Kasus Dugaan Pemukulan Petugas Rutan KPK

Dari jumlah itu, sebanyak 2.601 (4%) berusia di bawah 18 tahun, dan 30.828 (52%) jamaah berusia di atas 50 tahun.

Terkait jumlah jamaah yang berusia 18-50 tahun, sebanyak 21.418 sudah mendapat nomor porsi yang artinya telah melakukan pembayaran. Sebanyak 9.509 orang bahkan sudah lunas, dapat visa, dan punya tiket keberangkatan.

Arfi mengatakan, jamaah umroh 2020 yang gagal berangkat dan memenuhi persyaratan akan diberangkatkan lebih dulu jika Saudi memberi izin. Bagi jamaah yang belum memenuhi syarat keberangkatan umroh 2020 diharap bersabar hingga kondisi lebih baik. [rif]

Comment