Gempa Guncang Turki dan Yunani Terasa Hingga Bulgaria, 20 Orang Dilaporkan Tewas

KalbarOnline.com – Gempa berkekuatan M 7,0 mengguncang provinsi Izmir, Turki, Jumat (30/10/2020). Seperti dilaporkan BBC, USGS mencatat gempa yang berpusat di Laut Aegean itu terasa hingga Athena (ibu kota Yunani) dan Istanbul (salah satu kota terbesar di Turki).

Dilansir Associated Press, menurut Lembaga Tanggap Bencana dan Manajemen Darurat Turki, pusat gempa berada di Laut Aegea pada kedalaman 16,5 kilometer. Guncangan sangat terasa di kota Izmir, Turki, bahkan hingga merobohkan sejumlah bangunan.

Ilke Cide, seorang mahasiswa doktoral yang berada di wilayah Guzelbahce Izmir selama gempa bumi, mengatakan dia pergi ke pedalaman setelah air naik setelah gempa.

“Saya sangat terbiasa dengan gempa bumi … jadi saya tidak menganggapnya serius pada awalnya, tetapi kali ini sangat menakutkan,” katanya, seraya menambahkan gempa tersebut telah berlangsung setidaknya 25-30 detik, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (31/10/2020).

Baca Juga :  Ada Penyederhanaan Birokrasi, Wapres Jamin Nasib 17.699 PNS Pendapatannya Aman

Sebagaimana dilansir BBC News, Turki mengonfirmasi jumlah korban tewas mencapai 20 orang di Provinsi Izmir, dan dua remaja lainnya tewas di Provinsi Samos. Sementara 786 lainnya mengalami luka-luka. 70 orang di antaranya dievakuasi dari bawah reruntuhan bangunan.

Dari pantauan dilaporkan ketinggian air laut naik di dermaga utama di Samos hingga membanjiri jalanan setempat. Gubernur Samos, Yiannis Stamoulis, menyatakan tidak ada penduduk yang terluka akibat gempa.

Namun, dia memerintahkan supaya penduduk untuk sementara menjauh dari bangunan dan mewaspadai gempa susulan. Bahkan dilaporkan terjadi longsor di sebagian wilayah Yunani dekat pusat gempa.

Baca Juga :  Omnibus Law Dinilai Solusi dari Pelambatan Ekonomi di Tengah Kekhawatiran Pandemi Corona

Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) mengatakan 12 orang tewas, satu karena tenggelam, sementara 419 orang terluka. Di pulau Samos, Yunani, dua remaja, laki-laki dan perempuan, ditemukan tewas di daerah di mana tembok telah runtuh.

Operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut di 17 bangunan yang roboh atau rusak, kata AFAD. Gubernur Izmir mengatakan 70 orang telah diselamatkan dari bawah reruntuhan.

Adapun Turki dan Yunani sama-sama berada di garis patahan dan gempa bumi biasa terjadi di kawasan ini. Sejumlah gempa susulan juga tercatat di Turki dan Yunani. Guncangan gempa juga dilaporkan terasa hingga Bulgaria. [rif]

Comment