Alfa Romeo Tak Ubah Line-up, Pertahankan Raikkonen-Giovinazzi

KalbarOnline.com – Satu per satu tim peserta F1 telah mengumumkan line-up pembalap untuk musim 2021. Kemarin (30/10), Alfa Romeo memastikan tidak akan mengubah line-up mereka menuju musim baru.

Artinya, Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi akan kembali mengisi paddock Alfa Romeo pada 2021.

Musim ini dua pembalap beda generasi itu mengalami kesulitan bersaing di grid F1. Giovinazzi baru mengoleksi tiga poin. Sebaliknya, Raikkonen hanya mengoleksi dua poin dari 12 race yang sudah berlangsung sepanjang musim ini.

Itu tidak terlepas dari performa mesin Ferarri yang kurang kompetitif. Situasi tersebut tidak hanya menimpa Alfa Romeo. Haas yang mendapat suplai power unit Ferrari juga sulit bersaing.

Tetapi, penampilan Raikkonen pada GP Portugal pekan lalu memberikan secercah harapan. Pembalap veteran berusia 41 tahun itu menyalip 10 mobil pada lap pertama race pekan lalu. Ketika itu Raikkonen memulai balapan dari posisi ke-16. Performa impresif C39 tersebut memberikan input positif di paddock Alfa Romeo. Terutama menjelang balapan pada GP Emilia Romagna akhir pekan ini.

Baca Juga :  Martin Juara Sprint Race MotoGP India, Marquez Naik Podium Lagi

”Alfa Romeo Racing bagiku lebih dari sebuah tim, ini seperti keluarga keduaku,” kata Raikkonen dilansir situs resmi F1.

Alfa Romeo adalah tim pertama bagi pembalap Finlandia tersebut saat debut di F1 pada 2001. Kala itu tim masih bernama Sauber. Suasana di Alfa Romeo memberikan energi tambahan untuk terus menyongsong musim ke-19-nya di pentas F1.

”Aku tidak akan berada di sini jika tidak percaya dengan proyek dari tim,” lanjutnya.

Di sisi lain, masa depan Giovinazzi sempat digoyang karena penampilannya musim ini. Tetapi, Alfa Romeo merasa pembalap 26 tahun itu merupakan sosok yang tepat untuk mengisi line-up mereka.

Baca Juga :  Mantan Bos Ferrari dan CEO Lamborghini akan Menjadi CEO F1

”Tim sangat percaya padaku dan aku telah melakukan yang terbaik untuk membayar kepercayaan tersebut dengan kerja keras dan komitmen,” ujar Giovinazzi.

Musim ini, Giovinazzi dua kali finis di 10 besar. Yakni, pada GP pembuka di Austria dan GP Eiffel di Jerman. ”Etos kerja, komitmennya kepada tim, dan antusiasmenya (Giovinazzi, Red) menjadi aset besar buat Alfa Romeo,” kata Team Principal Alfa Romeo Frederic Vasseur.

Nah, karena tak ada perubahan line-up, kans Mick Schumacher, Callum Ilott sudah tertutup untuk bergabung Alfa Romeo. Namun, dua pembalap junior Ferrari itu masih punya kans untuk berkompetisi di F1 musim depan.

Haas menjadi opsi terbaik buat keduanya. Apalagi setelah mereka memutuskan mengakhiri kontrak pembalap Haas saat ini, Romain Grosjean dan Kevin Magnussen.

Comment