by

Makin Lama, Durasi Live Instagram Bisa Sampai 4 Jam

KalbarOnline.com – Instagram beradaptasi cukup baik dengan cara kreator menggunakan layanannya selama pandemi Covid-19. Dengan individu dan bisnis yang sekarang dibatasi untuk menyelenggarakan acara secara langsung seperti konser, kelas belajar, pertemuan, dan lainnya, pengguna kini banyak beralih ke platform daring termasuk Instagram untuk streaming langsung.

Saat ini, perusahaan mengatakan bahwa mereka memperluas batas waktu streaming di layanan Instagram Live secara signifikan. Dari semula hanya satu jam menjadi empat jam untuk semua pengguna di seluruh dunia.

Perubahan tersebut dimaksudkan untuk membantu mereka yang harus mengikuti acara virtual, seperti instruktur yoga dan kebugaran, guru, musisi, artis, dan aktivitas lainnya. Di banyak negara termasuk Indonesia saat ini, di tengah pandemi Covid-19, Instagram Live kini menjadi tempat bagi orang-orang untuk berkumpul secara daring.

Di Amerika sendiri, tempat Instagram bermarkas, penggunaan langsung Instagram Live dilaporkan melonjak signifikan. Angkanya bahkan dilaporkan mencapai 70 persen dibandingkan jumlah sebelum pandemi Covid-19 di AS ketika orang terhubung secara online.

Dari sana, Instagram melihat banyak dari kreator Instagram Live ini ingin memperpanjang sesi mereka melebihi batas waktu 60 menit tanpa gangguan. Perubahan tersebut membuat Instagram setara dengan batas waktu yang ditawarkan oleh Facebook untuk streaming langsung dari perangkat seluler, yang juga bisa mencapai empat jam.

Jika streaming langsung dari komputer desktop atau melalui Aplication Programming Interface (API) malahan batas waktu Facebook bisa bertambah menjadi delapan jam. Sementara batas waktu yang lebih lama terbuka bagi semua pembuat konten di seluruh dunia mulai hari ini, Instagram mengatakan akun pembuat harus “bereputasi baik” untuk memanfaatkan fitur tersebut.

Itu berarti akun tidak boleh memiliki riwayat pelanggaran kekayaan intelektual atau kebijakan tertentu lainnya yang telah ditetapkan Instagram. Terkait dengan perubahan ini, Instagram juga akan memperbarui bagian “Live Now” di IGTV dan di akhir streaming langsung untuk membantu mengarahkan pengguna ke lebih banyak konten langsung.

Ilustrasi: Instagram Live. (Instagram)

Instagram juga belum lama ini mengumumkan fitur lain yang belum tiba. Dikatakan bahwa itu akan “segera” menambahkan opsi yang akan memungkinkan para kreator untuk mengarsipkan streaming langsung mereka hingga 30 hari.

Sebelumnya, pengguna dapat mengarsipkan postingan Feed atau Cerita mereka ke arsip pribadi, tetapi satu-satunya cara untuk menyimpan streaming langsung adalah dengan mempublikasikannya ke IGTV segera setelah streaming, melalui fitur yang diperkenalkan pada bulan Mei.

Perusahaan mengatakan opsi baru untuk mengarsipkan siaran langsung akan mencerminkan pengalaman pengarsipan yang ada untuk Cerita dan Posting Feed.
Perbedaannya adalah video langsung yang diarsipkan akan dihapus secara permanen setelah 30 hari.

Hanya saja, hingga saat itu, kreator memiliki opsi untuk kembali ke video tersebut untuk menyimpannya atau mengunduhnya. Ini akan memungkinkan pembuat untuk mempublikasikan video di platform sosial lain, seperti Facebook atau YouTube, atau bahkan memotong bagian-bagian penting untuk platform video bentuk pendek, seperti TikTok.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed