by

DPR Minta Pemerintah Gencarkan Terus Sosialisasi 3M

KalbarOnline.com – Angka penularan virus Korona atau Covid-19 terus meningkat di Tanah Air. Hal ini menjadi perhatian bagi Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidawati.

Menurut Mufida, angka penularan yang terus meningkat ini perlu dijadikan perhatian oleh pemerintah. Sehingga dia meminta pemerintah semakin masif melakukan sosialiasi 3M yakni wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dan wajib menjaga jarak.

‎”Pemerintah juga harus terus menggencarkan kampanye 3M dan melakukan pengawasan pelaksanaan 3M tersebut di berbagai sektor. Apalagi penambahan kasus baru harian masih cukup tinggi,” ujar Mufida.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini jugga meminta tetap fokus pada upaya pengendalian penularan melalui 3T yaitu tracing, testing dan treatment. “Meningkatkan jumlah tes kepada suspect Covid-19, melakukan tracing secara intensif dari hasil temuan kondirmasi positif serta treatment terhadap pasien,” katanya.

Mufida menilai sosialisasi dan kampanye masif tentang vaksinasi Covid-19 juga perlu dilakukan pemerintah. Hal itu supaya tidak terjadi kesalapahaman.

“Masyarakat bisa menganggap bahwa pandemi Covid-19 sebentar lagi selesai karena sudah ada vaksin dan tidak menyebabkan masyarakat menjadi longgar terhadap protokol kesehatan,” ungkapnya.

Padahal menurut Mufida, vaksin bukan solusi jangka pendek untuk hadapi pandemi ini, melainkan solusi jangka panjang. Dalam jangka pendek tetap harus dengan disiplin 3M oleh masyarakat dan disiplin surveilance dengan 3T oleh pemerintah.

“Apalagi dengan perhitungan berbasis sains medis, vaksin paling cepat baru bisa tersedia pada Maret 2021,” pungkasnya.

Comment

News Feed