Categories: Nasional

Tiru Sikap Nabi Muhammad, Maruf Minta Masyarakat Tak Mudah Curiga

KalbarOnline.com – Wakil Presiden Maruf Amin meminta masyarakat untuk bisa meneladani sifat Nabi Muhammad SAW. Dia mengharapkan, masyarakat tidak menaruh curiga kepada pemerintah mengenai informasi maupun kebijakan yang telah dibuat.

“Sifat Rasulullah tidak mudah untuk diterapkan dan diteladani pada era disrupsi informasi seperti saat ini, akan sulit menaruh kepercayaan pada pihak lain, bahkan kepada pemimpinnya sendiri. Pemutarbalikan informasi menyebabkan banyak orang merasa bingung untuk memilah dan memilih mana informasi yang benar dan mana yang tidak benar, sehingga akhirnya mereka menaruh curiga dan prasangka buruk terhadap semua informasi yang sampai padanya sama informasi terkait kebijakan pemimpin,” kata Maruf dalam sambutan acara Maulid Akbar yang digelar secara daring, Kamis (29/10).

Maruf mengharapkan, masyarakat Indonesia dapat meneladani suritauladan Nabi Muhammad. Khususnya terkait setiap informasi dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk dapat disimak dan didengan dengan cermat.

“Dalam kesempatan ini mari kita sebagai umat Muhammad sallallahu alaihi wasallam mencontoh dan meneladani, sifat dan karakter kita akan menjadi solusi bagi orang lain,” harap Maruf.

Baca juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Tetap Ikuti Protokol Kesehatan

Rais Aam PBNU ini menuturkan, Nabi Muhammad banyak membuat perubahan semasa kepemimpinannya, selama 23 tahun menjadi rasul. Menurut Maruf, hal yang dilakukan Muhammad yang paling utama adalah perbaikan akhlak dan mental.

“Perbaikan masyarakat jahiliyah mengutamakan terlebih dahulu perbaikan akhlak dan mental karena hal itu merupakan pondasi dari langkah selanjutnya,” ujar Maruf.

Selain itu Maruf menyebut, hal yang paling berpengaruh untuk memperbaiki kehidupan manusia yakni pendidikan. Dia lantas mencontohkan, Nabi Muhammad sangat intens mendidik para sahabat, karena nantinya merupakan penerus nabi.

“Assabiqunal Awwalun yang nantinya akan menjadi ujung tombak upaya perubahan dan perbaikan, sehingga terwujud masyarakat yang unggul agar mempunyai akhlak dan mental yang kuat,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini

Redaksi KalbarOnline

Leave a Comment
Share
Published by
Redaksi KalbarOnline

Recent Posts

Danau Empangau: Permata Tersembunyi di Bunut Hilir

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Danau Empangau, yang terletak di Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu,…

22 mins ago

Mengabadikan Keindahan Alam di Bukit Penjamur: Destinasi Sunrise dan Sunset Terbaik di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kalimantan - Bukit Penjamur, sebuah spot menakjubkan untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam,…

25 mins ago

Bejat! Delapan Pria di Suhaid Setubuhi Gadis 15 Tahun Secara Bergiliran

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Delapan pria di Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat melakukan…

34 mins ago

Kasus Perdagangan 109 Kilogram Sisik Trenggiling Mulai Sidang

KalbarOnline, Mempawah - Pengadilan Negeri Mempawah menggelar sidang perdana perkara perdagangan sisik trenggiling sebanyak 109,54…

36 mins ago

Bapaslon Muda-Suyanto Mundur dari Jalur Perseorangan

KalbarOnline, Pontianak - Bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2024,…

39 mins ago

Wabup Wahyudi Minta Dinas Terkait Proaktif Wujudkan Kapuas Hulu Layak Anak

KalbarOnline, Putussibau - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka secara resmi rapat koordinasi kabupaten…

3 hours ago