TikTok Ekspansi ke Eropa dan Asia, Kerja Sama dengan Shopify

KalbarOnline.com – Pengelola platform media sosial video TikTok terus menentang tekanan dari pemerintah Amerika Serikat (AS). Setelah harus merelakan operasi AS ke perusahaan lain, ByteDance ternyata memiliki strategi lain untuk ekspansi. Mereka mengincar Eropa dan negara Asia lainnya sebagai pasar.

Perusahaan teknologi asal Tiongkok itu baru saja menjalin kerja sama dengan perusahaan ritel daring Shopify. Nanti satu juta penjual di platform Shopify bisa memasarkan produk mereka di video TikTok. Pengguna TikTok tinggal mengetuk link di layar kaca untuk membeli produk tersebut.

Fitur itu bakal diluncurkan perdana di AS tahun ini. Pasar Eropa dan Asia Tenggara bakal kedatangan fitur yang sama tahun depan. ”Kami mengamati bahwa komunitas di platform senang bisa terhubung dengan brand yang mereka sukai,” ungkap juru bicara TikTok kepada BBC.

Baca Juga :  Tak Hanya di AS, Microsoft Berencana Akuisisi TikTok Dunia

TikTok juga mengumumkan rencana untuk merekrut 3 ribu insinyur teknologi informasi. Insinyur tersebut ditargetkan untuk menangani pasar besar seperti Eropa, Kanada, AS, dan Asia Tenggara.

Saat ini pasukan insinyur TikTok di luar Tiongkok sudah mencapai seribu staf di luar Tiongkok. Hampir setengahnya berbasis di California, AS. ”Semua ini untuk mendukung pertumbuhan global kami yang kencang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pengamat Sebut North Carolina Bakal jadi Penentu Trump di Pilpres AS

Rencana ekspansi TikTok tampaknya menjadi opsi dari situasi yang dialami saat ini. ByteDance terpaksa melepaskan hak operasional TikTok ke Oracle dan Walmart di Negeri Paman Sam. Jika tidak, mereka diancam pemerintahan Donald Trump bakal diblokir pada 12 November nanti.

Mereka juga diblokir beberapa negara seperti India karena tuduhan yang sama. Seperti platform Tiongkok lainnya, TikTok dituding sebagai kepanjangan dari agen spionase Partai Komunis Tiongkok. Trump sempat menuding TikTok memberikan informasi tentang 100 juta pengguna dari AS ke rezim Xi Jinping.

Saksikan video menarik berikut ini

Comment