by

Facebook Luncurkan Layanan Cloud Gaming, Fokus pada Game Seluler

KalbarOnline.com – Facebook telah resmi meluncurkan layanan cloud gaming-nya sendiri. Dengan peluncuran layanan cloud gaming mandiri ini, menambah semarak platform streaming game yang sudah ada sebelumnya seperti yang sudah dirilis oleh Nvidia, Google Stadia, dan Microsoft Project xCloud dan beberapa platform populer terdahulu lainnya.

Untuk Facebook, layanan cloud gaming-nya tidak akan bersaing dengan layanan Nvidia, Microsoft, dan Google. Raksasa jejaring sosial itu akan berfokus pada game seluler secara ekslusif, sementara yang lain untuk game PC.

Layanan baru ini menawarkan game yang dapat dimainkan secara instan. Cukup akses laman fb.gg/play ], bisa langsung memilih game dan ketuk di atasnya, langsung bisa dimainkan. Tidak diperlukan instalasi dan juga tidak ada pengontrol (karena game seluler dirancang untuk dimainkan di layar sentuh).

Perbedaan utama lainnya adalah layanan cloud gaming Facebook diluncurkan dengan game gratis untuk dimainkan. Game ini dapat berkembang menjadi game berbayar di masa mendatang. Beberapa dari judul game gratis tersebut juga memiliki opsi pembelian dalam game.

Baca juga: Sony Akhirnya Konfirmasi User Interface pada PlayStation 5

Menariknya lagi, fitur cross-play juga didukung. Artinya jika Anda memainkan game versi cloud, anda dapat menantang lawan yang memainkan game asli yang dimainkan di konsol lain, dengan catatan harus login terlebih dahulu.

Studio berikut telah mendaftar untuk membuat iklan yang dapat dimainkan: 2K, FunPlus, Gameloft, Glu Mobile, Gram Games, Rovio dan Wildlife Studios. Untuk saat ini perusahaan memulai dengan pilihan genre game yang terbatas.

Seiring dengan peningkatan teknologi streaming, ia akan mulai menambahkan game aksi dan petualangan di tahun 2021. Beberapa game cepat seperti Asphalt 9: Legends sudah tersedia dan Dirt Bike Unchained akan datang dalam beberapa minggu ke depan.

Perhatikan bahwa layanan ini tidak akan dapat dinikmati untuk pengguna iOS untuk saat ini. Hanya pengguna Android dan web yang dapat mencoba game instan di layanan cloud gaming Facebook ini.

Hal itu bukan tanpa alasan, Facebook mengacu pada kebijakan game cloud yang membatasi Apple sehingga membuat mereka belum bisa menjangkau pengguna iOS untuk saat ini.

Saksikan video menarik berikut:

Comment

News Feed