Momentum Hari Sumpah Pemuda, WP KPK Ingin Lembaganya Bangkit Lagi

KalbarOnline.com – Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) Yudi Purnomo mengharapkan, tempatnya bertugas bisa lagi berjaya dalam melakukan aksi-aksi pemberantasan korupsi. Sebab, pasca-revisi Undang-Undang KPK atau berlakunya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK, kinerja lembaga antikorupsi kini dipandang terjadi penurunan.

“Ke depannya pasti akan ada harapan bahwa pemberantasan korupsi ini akan menemui titik terang, karena kita juga pernah mengalami masa-masa jaya sebelumnya,” kata Yudi dalam diskusi daring, Selasa (28/10).

  • Baca Juga: Ketua WP KPK Yudi Purnomo Dijatuhi Sanksi Tertulis
Baca Juga :  Polda Jatim Kerahkan Brimob Tindak Pelaku Penyerangan di Situbondo

Bertepatan pada hari Sumpah Pemuda, sambung Yudi, mengutip pernyataan Kurt Cobain, tugas pemuda adalah melawan korupsi. Yudi menyebut, pemuda harus memiliki jiwa intelektualitas, idealisme dan integritas.

“Itulah yang membuat pemuda menjadi harapan bagi bangsa ini untuk bisa melawan korupsi,” tegas Yudi.

Yudi mengaku, mayoritas pegawai KPK merupakan kaum muda. Menurutnya, para pegawai di KPK bersemangat melakukan pemberantasan korupsi, meski memang kini harus banyak hambatan yang dihadapi.

Baca Juga :  Firli Bahuri Sebut Pemberantasan Korupsi Tak Bisa Hanya Andalkan KPK

Terlebih, Yudi menuturkan, semangat lahirnya KPK merupakan hasil buah dari reformasi. Dia menyebut, pada era orde baru masif perbuatan korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Salah satu visi dan misi reformasi adalah pemberantasan KKN dengan fokus membersihkan korupsi dari orde baru yang ketika itu korupsi sangat sangat luar biasa,” cetus Yudi.

Comment