by

Bangun Kesadaran Protokol Kesehatan Pengendara Lewat Masker dan Brosur

KalbarOnline.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan 3M. Masyarakat diminta disiplin dalam menerapkan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin.

Momen Operasi Zebra 2020 digunakan Ditlantas untuk mengajak pengendara menerapkan hidup sehat. Oleh karena itu, 80 persen tindakan yang diambil selama operasi digelar merupakan teguran dan arahan.

“Upaya preemtif berupa edukasi, sosialisasi imbauan maupun teguran-teguran simpatik yang memberikan penyadaran kepada masyarakat untuk pertama mematuhi aturan lalu lintas, serta mematuhi protokol kesehatan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Oleh karena itu, di sela-sela Operasi Zebra, Ditlantas menyempatkan membagikan masker kepada pengendara. Selain itu juga membagikan brosur ajakan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Selama Operasi Zebra ini setiap hari kita akan bagikan 3.000 sampai 4.000 masker diseluruh polres-polres dijajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya, setiap hari selama 14 hari operasi,” imbuh Sambodo.

Selama operasi digelar, polisi hanya mengalokasikan 20 persen tilang dari seluruh pelanggaran yang ditemukan. Sedangkan 80 persennya hanya untuk teguran dan pembinaan agar taat lalu lintas dan taat protokol kesehatan.

Tilang hanya diberikan bagi pengendara yang melakukan pelanggaran berat. “Contoh misalnya pelanggaran melawan arus itu berbahaya bagi diri sendiri maupun bagi orang lain,” pungkas Sambodo.

Comment

News Feed