Presiden Minta Rakyat Terapkan Protokol Kesehatan Selama Liburan

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan masyarakat agar libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW tidak menjadi klaster baru Covid-19. Penerapan protokol kesehatan mutlak dilaksanakan oleh warga yang bepergian.

“Pesan pak Presiden untuk menjaga bahwa liburan panjang kali ini harus dijaga jangan sampai menjadi waktu penularan Covid-19. Jadikan protokol kesehatan diutamakan,” kata Budi di Gedung NTMC Polri, Jakarta Timur, Selasa (27/10).

Baca Juga :  Gunakan Steroid, Dua Lifter Peraih Medali Olimpiade 2012 Disanksi

Budi menyampaikan, protokol kesehatan haru dilaksanakan secara konsisten. Jika terjadi kelalaian dikhawatirkan bisa terjadi proses penularan. Adapun protokol kesehatan yang dimaksud yakni penerapan 3M. Memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dengan air mengalir.

Kemenhub dan Kemendagri sudah berkomunikasi dengan Gubernur seluruh Indonesia agar mengawasi secara ketat penerapan protokol kesehatan. Sebab, pelaksanakan pencegahan penularan vorus harus dilakukan bersama oleh seluruh pihak.

Baca Juga :  Bio Farma Telah Kantongi CBOP dan Siap Produksi Vaksin Covid-19

“Mereka yang menggunakan bis, kendaraan pribadi, mengenai kapasitas, kedisiplinan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker karena ini sangat penting,” kata Budi.

Pengawasan di lapangan sendiri akan turut dibantu oleh Polri melalui Operasi Zebra 2020. “Saya berpesan seluruh Kadishub dan insan Polri yang bertugas saat liburan ini harus menjaga protokol kesehatan dengan baik,” pungkas Budi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment