Polisi Siapkan Skenario Pengamanan dan Pengaturan Lalu Lintas

KalbarOnline.com – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai melakukan pengaman libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. Polisi memprediksi puncak arus mudik akan terjadi mulai Selasa (27/10) malam hingga Rabu (28/10) pagi.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya mengerahkan 2.999 personel pengamanan. Mereka disebar di 16 pos pengamanan di jalan tol, jalan arteri dan tempat wisata.

“Kerawanan yang kita prediksi akan terjadi kepadatan menuju arah Cikampek dan untuk mengantisipasi hal tersebut, skenario-skenario telah kita siapkan,” kata Sambodo usai memimpin Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (27/10).

Baca Juga :  Anies Optimis Kota Tua Menjadi Destinasi Wisata Dunia

Adapun skenario lalu lintas yang disiapkan yakni contra flow dan one way atau satu arah. Apabila terjadi kecelakaan atau kemacetan di Tol Layang Elevated II Jakarta-Cikampek, petugas akan langsung memberlakukan sistem satu arah dari KM 10.

Baca juga: Dilepas Kakorlantas, 160 Ribu Petugas untuk Amankan Libur Maulid Nabi

Selain itu, petugas juga akan mengantisipasi jumlah pemudik di rest area. Buka tutup akan dilakukan, mengingat jumlah pengunjung tidak boleh melebihi 50 persen kapasitas maksimal.

Baca Juga :  Jumlah Libur dan Cuti Bersama 2021 Mencapai 23 Hari

“Mulai siang tadi kami jajaran Ditlantas dan Polda-Polda lainnya telah melakukan penyekatan terhadap kendaraan truk sumbu roda tiga ke atas,” jelas Sambodo.

Sambodo memastikan, sejauh ini kondisi lalu lintas di wilayah Polda Metro Jaya masih terpantau lancar. Kemacetan sempat terjadi hanya di KM 28. Hal itu disebabkan karena adanya upaya mengeluarkan truk sumbu roda 3 ke atas keluar jalan arteri.

“Selepas itu situasi lalin terkendali dan diskresi lalin tetap kita laksanakan. Sehingga upaya pengaturan dan pengalihan lalin situasional di lapangan,” pungkasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment