Langkah Polri Atasi Kemacetan saat Liburan Panjang

KalbarOnline.com – Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono memantau kondisi pengamanan arus lalu lintas long weekend Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW. Bersama pejabat utama Mabes Polri, rombongan tiba di Pospol Cikopo, Purwakarta melalui jalur udara, Selasa (27/10).

Wakapolri dalam paparannya mengatakan pemantauan kali ini melihat kesiapan dari jajaran Polda Jabar dalam mengantisipasi terjadinya kemacetan. Selain itu melihat fasilitas untuk kendaran yang mengalami kecelakaan lalu lintas dan meminimalisir gangguan keamanan.

“Selain itu yang terpenting meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya kluster-kluster baru penyebaran Covid-19.” kata Komjen Gatot Eddy.

Baca Juga :  Hadapi Tantangan Bangsa, Kemenko PMK Terus Dorong Revolusi Mental

Hingga saat ini, kata Gatot, pihaknya telah menggelar Operasi Yustisi dan Operasi Zebra bersama-sama TNI dan instansi lainnya mulai tanggal 26 Oktober 2020. Dalam pelaksanaannya, Polri mengedepankan langkah-langkah persuasif dan humanis.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk liburan di rumah, terapkan SOP protokol kesehatan, tujuannya agar masyarakat libur sehat dan nyaman,” tuturnya.

Terkait lonjakan lalu lintas, sudah disiapkan dan diantisipasi oleh Ditlantas Polda Jabar, salah satunya menutup rest area sekitar KM 50 tol Cikampek, contra flow dan melarang kendaraan sumbu 3 masuk tol mulai tadi malam. “Sepanjang pantauan saat ini masih belum signifikan adanya lonjakan lalu lintas, kemungkinan sore atau malam nanti.” pungkasnya.

Baca Juga :  Bantuan Subsidi Upah dari Kementerian Agama Mulai Cair Hari Ini

Sementara itu, usai mendampingi rombongan Kakorlantas melalui jalur darat melanjutkan pantauan lalu lintas hingga menuju ke Jawa Tengah. “Ya, ini lanjut pantauan ke Brebes,” kata Istiono.

Comment