KPK Imbau Pihak Istana Laporkan Penerimaan Gratifikasi Sepeda Lipat

KalbarOnline.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau Istana Kepresidenan untuk melaporkan penerimaan gratifikasi terkait sepeda lipat untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). KPK telah berkoordinasi kepada pihak istana terkait informasi penerimaan sepeda lipat edisi khusus Sumpah Pemuda kepada Presiden Jokowi.

“KPK menyampaikan imbauan untuk melaporkan penerimaan gratifikasi sepeda lipat, jika pemberian itu ditujukan untuk pribadi Pak Jokowi,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang pencegahan, Ipi Maryati dalam keterangannya, Selasa (27/10).

Ipi menyampaikan, melalui Direktorat Gratifikasi, KPK telah berkoordinasi kepada pihak istana terkait informasi penerimaan sepeda lipat edisi khusus Sumpah Pemuda kepada Presiden Joko Widodo melalui Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Namun, informasi yang didapat, sepeda tersebut belum diterima oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Wapres Sebut Protokol 3M Sudah Ada Sejak Pandemi di Zaman Nabi

“Kami mendapat informasi bahwa sampai saat ini sepeda tersebut belum diterima oleh Pak Presiden dan akan dicek lebih lanjut,” ujar Ipi.

Ipi menyebut, sesuai dengan peraturan perundang-undangan penyampaian laporan penerimaan gratifikasi paling lambat 30 hari kerja terhitung sejak tanggal gratifikasi tersebut diterima. Selanjutnya, KPK akan menganalisis dan menetapkan status penerimaan gratifikasi tersebut, apakah menjadi milik negara atau milik penerima.

“Berdasarkan catatan KPK, Pak Jokowi telah memberikan keteladanan yang baik terkait kepatuhan pelaporan gratifikasi. Pada 2017 KPK pernah memberikan penghargaan kepada Presiden Jokowi sebagai pelapor gratifikasi dengan nilai terbesar,” ucap Ipi.

Baca Juga :  Pakar UGM Sebut UU Cipta Kerja Awalnya untuk Tangkal Gelombang PHK

Untuk diketahui, pada Senin (26/10), Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menerima 15 sepeda lipat bertema Hari Sumpah Pemuda dari Direktur Utama PT Roda Maju Bahagia, Hendra, dengan CEO Damn I Love Indonesia, Daniel Mananta. Sepeda lipat tipe ecosmo 10 Sp Damn yang dibuat khusus untuk memperingati hari Sumpah Pemuda itu akan diberikan kepada Presiden Joko Widodo melalui Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Saat memberikan 15 sepeda lipat yang berkisar Rp 6 juta tersebut, Daniel Mananta mengatakan, bahwa sepeda-sepeda itu 100 persen buatan dalam negeri hasil kolaborasi dengan PT Roda Maju Bahagia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment