by

Biar Kasus Covid-19 Tak Melonjak, Warga Diminta Liburan di Rumah Saja

KalbarOnline.com – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengingatkan kepada masyarakat yang bepergian saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebab sampai saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Pada pengguna jalan, kendaraan pribadi, kendaraan umum maupun penumpang kapal ini harus kita warning, wanti-wanti dari awal mereka harus disiplin patuh terhadap protokol Covid-19. Jangan sampai liburan panjang ini menjadi masalah baru tentang penyebaran Covid-19,” kata Istiono di Gedung NTMC Polri, Cawang, Jakarta Timur, Senin (26/10).

Masyarakat yang hendak bepergian diminta tetap menerapkan 3M. Yakni memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dengan air mengalir.

Istiono menyampaikan, keselamatan masyarakat adalah nomor satu. Upaya pencegahaan penularan Covid-19 juga akan dilakukan petugas melalui Operasi Zebra 2020 pada perioe 26 Oktober sampai 8 November 2020.

“Harapan besar kita libur panjang ini adalah libur sehat. Kemudian liburan tertib, yang bagus emang libur di rumah saja biar lebih sehat lagi,” tukasnya.

Diketahui, Korlantas Polri menggelar Operasi Zebra mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020. Dalam operasi kali ini, Korlantas mengerahkan 160.916 personel aparat gabungan untuk mengamankan libur panjang Maulid Nabi. Dengan rincian 94.170 personel Polri, 24.448 personel TNI, dan unsur terkait 42.298 personel.

Selain itu, terdapat 645 Pos Keamanan dan Pos Terpadu yang disiapkan. Pos pengamanan difokuskan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata, dan jalur alternatif ataupun tempat penyeberangan ASDP.

Polri menekankan Operasi Zebra 2020 mengedepankan upaya-upaya humanisme, serta mengedukasi kesadaran masyarakat dalam berkendara. Sebab operasi kali ini masih bertepatan dengan pandemi Covid-19.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed