837 Relawan Uji Vaksin Covid-19 Sinovac China Masuki Periode Monitoring Efikasi

KalbarOnline.com – PT Bio Farma (Persero) mengungkapkan sebanyak 837 relawan uji klinis III vaksin Covid-19 dari Sinovac China memasuki periode monitoring efikasi.

“Data terakhir menunjukan bahwa sampai dengan tanggal 23 Oktober 2020, 837 relawan masuk ke periode monitoring efikasi,” kata Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan, Selasa (27/10/2020).

Selain itu, Iwan juga menambahkan bahwa sebanyak 1.620 relawan sudah mendapatkan suntikan pertama dan 1.341 relawan sudah mendapatkan suntikan kedua.

Baca Juga :  Jessica Wongso Tulis Surat untuk Temannya: Jangan Terlalu Percaya Sama Berita di Media

“Saat ini, uji klinis III vaksin Covid-19 masih berjalan sesuai rencana,” pungkasnya.

Head of Corporate Communication Bio Farma itu juga menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu tim dari Badan POM melaksanakan inspeksi ke dua Puskesmas sebagai tempat penyelenggaraan uji klinis vaksin Covid-19.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharap vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan ke masyarakat harus melalui uji klinis yang benar sehingga dapat dipastikan keamanan dan efektivitasnya.

Baca Juga :  Bamsoet: Jangan Sampai Pilkada Rusak Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Presiden mengatakan pemerintah tidak ingin ada sedikitpun masalah yang berdampak pada masyarakat penerima vaksin.

Presiden meminta jajarannya tidak tergesa-gesa dan tetap mengedepankan kaidah ilmiah untuk vaksin Covid-19. Semua prosedur ilmiah soal vaksin dan vaksinasi harus dilalui secara tepat, tanpa ada yang terlewat. [rif]

Comment