Peringati Hari Dokter Nasional, PT WHW Gelar Tes Usap PCR TCM Gratis ke Puluhan Tenaga Medis RSUD Agoesdjam Ketapang

Peringati Hari Dokter Nasional, PT WHW Gelar Tes Usap PCR TCM Gratis ke Puluhan Tenaga Medis RSUD Agoesdjam Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka memperingati Hari Dokter Nasional yang jatuh pada 24 Oktober 2020, PT Well Harvest Winning (WHW) Alumina Refinery memberikan pelayanan usap (swab tes) dengan metode PCR TCM (Tes Cepat Molekuler) gratis kepada puluhan tenaga medis RSUD Agoesdjam Ketapang, Kalimantan Barat.

Pelaksanaan uji sampel usap PCR TCM tersebut dilakukan di Laboratorium PT WHW di Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Direktur PT WHW, Boni Subekti mengatakan, bantuan tes usap PCR TCM ini merupakan komitmen nyata perusahaan dalam menjaga dan melindungi masyarakat. Saat ini, PT WHW memiliki fasilitas laboratorium yang dilengkapi alat PCR TCM dan tujuh petugas yang bisa membantu masyarakat dalam upaya pencegahan risiko tertular Covid-19.

“Bantuan tes usap PCR TCM ini merupakan kelanjutan dari Program CSR (Corporate Social Responsibility) kami dalam bidang kesehatan untuk membantu percepatan penanganan Covid-19 di Kalimantan Barat. Pada Hari Dokter Nasional, kami membuka fasilitas laboratorium perusahaan untuk menerima sampel dari RSUD Agoesdjam. Kami sangat peduli dengan kondisi kesehatan para tenaga medis. Oleh karena itu, upaya pencegahan untuk mengetahui kondisi kesehatan tenaga medis sangat penting dilakukan karena mereka terus bekerja di garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid19,” ujar Boni Subekti.

Baca Juga :  Bill Gates Sebut Perubahan Iklim Lebih Parah dari Pandemi Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Ketapang, Rustami mengatakan, untuk tahap pertama pihaknya telah melakukan pengambilan semua sampel usap yang berjumlah 31 sampel tenaga medis RSUD Agoesdjam Ketapang, pada Jumat (23/10/2020). Selanjutnya, Laboratorium PT WHW akan menguji sampel tersebut menggunakan alat PCR TCM.

“Kami mewakili Pemerintah Provinsi Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih kepada PT WHW yang bersedia untuk memeriksa sampel usap para tenaga medis kami. Dengan alat PCR TCM yang dimiliki PT WHW, hasil sampel bisa didapatkan dengan cepat. Kerjasama ini dilakukan secara bekelanjutan karena keterbatasan alat yang dimiliki pemerintah, sementara tenaga medis lainnya telah menunggu untuk diambil sampel usap, yang selanjutnya sampel tersebut dikirimkan ke Laboratorium PT WHW,” kata Rustami.

Baca Juga :  Peduli Korban Banjir, Kapolsek Muara Pawan Berikan Bantuan Sembako ke Warga Desa Mayak

Dalam situasi pandemi Covid-19 roda perekonomian harus tetap berjalan dengan mengedepankan langkah-langkah pencegahan. Direktur PT WHW, Boni Subekti menambahkan, untuk melindungi aktivitas perusahaan dalam risiko terpapar virus Covid-19, maka perusahaan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, salah satunya dengan selalu menerapkan tes usap PCR TCM bagi setiap orang yang memasuki area site perusahaan.

“Kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja karyawan merupakan prioritas utama. Oleh karena itu, kami bergerak cepat dalam meningkatkan dan mensosialisasikan protokol kesehatan kepada semua karyawan,” tegas Boni Subekti.

Comment