Peneliti AS Sebut 4 Kandidat Vaksin Covid-19 Bisa Picu Tertular HIV

KalbarOnline.com – Pencarian vaksin Covid-19 saat ini sebagian sudah mencapai uji klinis fase III. Dan beberapa juga sudah mulai melaporkan apakah ada efek samping pada subjek yang diteliti. Sebagian lainnya menimbulkan efek samping serius. Dan baru-baru ini sekelompok peneliti telah memperingatkan bahwa setidaknya 4 dari vaksin potensial yang sedang menjalani uji klinis dapat meningkatkan risiko orang tertular HIV.

Salah satu kandidat vaksin ini lulus uji coba fase II pada Agustus dan akan menjalani studi fase III skala besar di Rusia dan Pakistan. Peringatan itu datang dari tim ilmuwan yang dipimpin oleh Profesor Universitas California San Francisco, Susan Buchbinder, yang menjalankan penelitian pencegahan HIV di Departemen Kesehatan Masyarakat San Francisco, AS.

  • Baca juga: Meski Sudah Divaksin, Seseorang Tetap Bisa Terpapar Virus Korona

Tim mengalami masalah serupa secara langsung saat mencoba mengembangkan vaksin untuk HIV. Yang membuat mereka kecewa, calon vaksin yang paling menjanjikan setelah 20 tahun penelitian menjadi bumerang, membuat beberapa pasien bahkan lebih rentan terhadap penyakit tersebut. Mereka membagikan kisah peringatan penelitiannya di jurnal The Lancet.

“Kami prihatin bahwa penggunaan vektor Ad5 (Adenovirus-5) untuk imunisasi terhadap SARS-CoV-2 dapat meningkatkan risiko penularan HIV-1 di antara laki-laki yang menerima vaksin,” tulis peneliti seperti dilansir dari Science Alert, Senin (26/10).

Baca Juga :  Kembali Lockdown, Malaysia Tambah Pasokan Vaksin Covid-19 yang Manjur

Vaksin membutuhkan vektor dan komponen. Komponen vaksin inilah yang menyebabkan beberapa kekhawatiran. Beberapa kandidat vaksin Coronavirus menggunakan adenovirus sebagai vektor ini. Misalnya, dalam satu percobaan, adenovirus yang dimodifikasi secara genetik digunakan untuk mengirimkan kode gen dari protein lonjakan virus Korona.

Adenovirus biasanya tidak berbahaya selain menyebabkan pilek. Dan vaksin lain telah berhasil menggunakan versi modifikasi yang berbeda sebagai vektor tanpa bukti peningkatan risiko HIV.

Akan tetapi, 4 kandidat vaksin virus Korona menggunakan vektor yang disebut Ad5 (rekombinan adenovirus tipe-5). Dan hal inilah yang menyebabkan masalah pada vaksin HIV.

Satu dekade yang lalu, ketika Buchbinder dan rekannya mencoba melakukan sesuatu yang serupa untuk melindungi terhadap HIV, dua percobaan menyebabkan laki-laki berisiko tertular HIV. Terutama jika mereka sudah pernah terinfeksi Ad5 di masa lalu.

Meski mekanisme di balik ini masih belum jelas, satu penelitian pada 2008 memberi kesan bahwa hal itu mungkin ada hubungannya dengan peningkatan aktivasi sistem kekebalan yang menyediakan lebih banyak sel untuk ditargetkan kepada HIV. Pada 2014, tinjauan yang dipimpin oleh ahli imunologi Anthony Fauci yang juga Direktur NIAID, merekomendasikan kehati-hatian saat menggunakan vektor ini pada vaksin untuk daerah dengan prevalensi HIV.

Baca Juga :  Diklaim Manjur, Ini Perbedaan Vaksin Covid-19 dari Pfizer dan Moderna

“Pertimbangan keamanan penting ini harus dievaluasi secara menyeluruh sebelum pengembangan lebih lanjut dari vaksin Ad5 untuk SARS-CoV-2,” kata korespondensi The Lancet.

Hanya saja, perusahaan yang mengembangkan vaksin ini mengatakan bahwa mereka menyadari masalah ini dan mempertimbangkan risikonya. Satu perusahaan, ImmunityBio, mengatakan kepada Science bahwa vektor Ad5 yang mereka gunakan telah dimatikan secara genetik untuk menurunkan tingkat respons imun yang dipicunya. Jika semua berjalan lancar dengan uji coba California, mereka berharap berikutnya untuk mengujinya di Afrika Selatan.

Kepala Dewan Riset Medis Afrika Selatan Glenda Grey yang bekerja pada vaksin HIV dengan penulis korespondensi The Lancet menjelaskan bahwa menghindari vektor ini mungkin bukan solusi terbaik. “Bagaimana jika vaksin ini adalah vaksin yang paling efektif?” katanya kepada Science.

Kabar baiknya adalah, komunitas ilmiah sedang mendiskusikan risiko tersebut. Sejauh ini beberapa uji coba vaksin telah dihentikan sementara untuk penilaian ulang terkait masalah keamanan.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment