Jokowi: Jangan Sampai Ada Persepsi Pemerintah Tergesa-gesa Soal Vaksin

KalbarOnline.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk tidak melupakan tahap-tahap penting dalam pemberian vaksin Covid-19 ke masyarakat. Dari sisi keamanan, vaksin tersebut harus benar-benar teruji melalui tahapan-tahapan yang panjang.

“Disuntik betul-betul melalui sebuah tahapan-tahapan, uji klinis yang benar. Karena kalau tidak, ada satu saja yang masalah, nanti bisa menjadikan ketikdakpercayaan masyarakat akan upaya vaksinasi ini,” ujar Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10).

Baca Juga :  149.408 Orang Terinfeksi Covid-19, 102.991 Sembuh, 6.500 Meninggal

“Karena itu semua tahapan harus melalui kaidah-kaidah saintifik, kaidah ilmu pengetahuan berdasarkan data sains dan standar-standar kesehatan. Jangan sampai kita tergesa-gesa ingin vaksinasi, sehingga kita kaidah-kaidah saintifik, data-data kesehatan dinomorduakan,” tambahnya.

Jokowi tidak ingin adanya persepsi buruk dari masyarakat mengenai vaksinasi tersebut. “Jangan timbul persepsi pemerintah tergesa-gesa, terburu-buru tanpa ikuti koridor-koridor ilmiah yang ada,” ungkapnya.

Baca Juga :  Selama Pandemi, Menteri Basuki: Saya Mandi 3 Kali Sehari

Meskipun pemerintah ingin cepat adanya vaksinasi tersebut. Namun bukan berati melupakan tahapan-tahapan yang harus dilakukan.

“Tolong betul-betul kita lalui semuanya meskipun ingin dipercepat, hal-hal tadi (tahapan-tahapan-Red) jangan sampai dilupakan,” pungkasnya.

Comment