Grab Hadirkan Bazaar #TerusUsaha di 16 Kota

KalbarOnline.com – Aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, Grab, melangsungkan Online Bazar yang merupakan bagian dari program #TerusUsaha. Adapun hal ini bertujuan untuk membantu kelangsungan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah pandemi COVID-19, yang juga akan membantu meningkatkan perputaran ekonomi.

Penyelenggaraan Online Bazar dimulai hari ini, 26 hingga 28 Oktober 2020. Dalam acara ini, Grab akan memberikan promosi khusus bagi 52 ribu mitra UMKM GrabFood, GrabMart, GrabExpress, dan GrabKios di 16 kota, termasuk Surabaya.

Mengenai hal ini, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki pun menyampaikan apresiasinya untuk Grab yang selalu berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi kelangsungan usaha UMKM.

“Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang telah dan terus dilakukan oleh Grab Indonesia, dengan komitmennya dalam mendukung percepatan transformasi digital para UMKM. Dukungan bagi UMKM agar dapat bertahan dan terus berkembang di masa pandemi seperti saat ini harus diberikan secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan bahwa komitmen Grab adalah untuk mempercepat digitalisasi UMKM di Indonesia. Pasalnya, krisis pandemi ini banyak membuat sektor terpukul, termasuk UMKM yang berperan sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia dan digitalisasi menjadi salah satu kunci agar mereka dapat bertahan.

“Sejak pandemi datang, Grab terus berinovasi untuk membantu lebih banyak UMKM bisa beradaptasi agar ketahanan ekonomi juga dapat terjaga melalui program #TerusUsaha,” jelas Neneng. Sejak diluncurkan bulan Mei lalu, program #TerusUsaha telah berhasil mendigitalisasi 350.000 UMKM baru dan 35.000 ribu pedagang pasar serta memperkenalkan lebih dari 40 solusi yang membantu UMKM untuk bisa bertahan.

Online Bazaar #TerusUsaha merupakan solusi terbaru Grab untuk mempromosikan mitra UMKM. Akan ada banner digital pada aplikasi Grab yang dapat diklik untuk melihat puluhan ribu produk UMKM, berbelanja dan menikmati promo, paket dan beragam penawaran khusus mulai 26 hingga 28 Oktober 2020.

Baca Juga :  Kubu Raya Terima Bantuan Obat Terapi Covid

Para pengguna juga dapat menggunakan kode promo “TERUSUSAHA” untuk menikmati potongan harga pada mitra UMKM yang 1 berpartisipasi seperti GrabFood hingga 50 persen, potongan 20 persen untuk GrabMart, dan potongan harga pengiriman hingga 90 persen menggunakan GrabExpress. Informasi lebih lanjut mengenai program ini dapat dilihat di www.grabforgood.id.

Disamping itu, Grab pun juga turut merilis fitur terbaru di aplikasi GrabMerchant, yaitu Ad Manager. Fitur ini memungkinkan para mitra merchant GrabFood untuk membuat serta mengatur iklan pada produk mereka dengan mudah dan terjangkau.

Teknologi pembuatan iklan mandiri untuk mitra merchant GrabFood ini akan sangat membantu pengelolaan iklan dengan mudah untuk ditampilkan di dalam aplikasi Grab yang hanya membutuhkan waktu tiga menit saja. Dalam hal ini, para mitra merchant dapat memikirkan strategi dalam penjualannya, seperti menggunakan tipe iklan seperti apa, memilih target pengguna, dan mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan. Dalam pemilihan tipe iklan,
para mitra dapat memilih Banner Ad, hal ini dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas toko virtual di peringkat teratas.

“Dengan harga terjangkau mulai Rp 57 ribu (USD 3) per hari, iklan yang dikelola mitra penjual hanya ditampilkan dalam radius pengantaran. Mitra merchant hanya akan ditagihkan biaya iklan apabila pelanggan Grab mengklik iklan tersebut untuk mengakses menu. Selain itu, mitra merchant dapat memonitor performa iklan lewat laporan yang mudah dimengerti,” tutur Neneng.

Bukan itu saja, Grab juga menghadirkan Komunitas & Kelas Khusus UMKM untuk menambah ilmu dan bertukar pikiran bagi mitra merchant bersama dengan para pakar. Kegiatan ini dilangsungkan dalam tiga forum dengan spesialisasi berbeda.

Pertama, Klub Juragan GrabExpress untuk para social sellers (pedagang online) berkomunikasi, mengikuti kelas pelatihan atau seminar, dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan GrabExpress. Di sini pun banyak tersedia promo menarik bagi peserta klub ini dengan mengikuti akun Instagram @KlubJuraganGrabExpress.

Baca Juga :  Kasus Positif Covid-19 Tambah 6.089 Orang, Jabar Sumbang Paling Banyak

Kedua, mitra dan calon mitra merchant GrabMart dan GrabFood juga dapat bergabung dii akun Instagram @GrabMerchantID untuk mendapatkan informasi terkait digitalisasi bisnis bersama Grab. Di forum ini, terdapat banyak tips dan informasi menarik yang bisa membantu merchant UMKM mengembangkan bisnis.

Ketiga adalah 1001 Tips #TerusUsaha yang memberikan berbagai tips bermanfaat bagi UMKM, termasuk pengelolaan media sosial, fotografi hingga membuat kemasan menarik yang hadir tiap minggu di Instagram dan YouTube channel Grab Indonesia.

Sebelumnya, Grab juga telah memberikan iklan gratis bagi ribuan mitra UMKM di Indonesia selama 3 bulan, termasuk di Surabaya. Iklan ini berhasil menjangkau lebih dari 15 juta masyarakat Indonesia dan penjualan mitra UMKM GrabFood dan GrabMart juga meningkat hingga 20 persen selama periode ini.

Grab juga telah bekerja sama dengan Pertamina, Pegadaian, BRI, dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat bagi mitra pengemudi dan mitra merchant Grab di Indonesia.

“Hari ini kami bangga bisa meluncurkan 3 solusi baru untuk terus membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih efektif dan mudah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia saling dukung agar kita semua bisa #TerusUsaha dalam berbagai situasi,” jelasnya.

Menkop UKM juga turut menambahkan bahwa hadirnya Grab Indonesia yang memberikan berbagai solusi bagi para UMKM menjadi hal penting untuk mendorong perekonomian Indonesia.

“Kami harap Grab bisa menjadi batu loncatan bagi pelaku UMKM agar lebih cepat dikenal orang dan bisnis mereka bisa naik kelas dalam era ekonomi digital,” papar Teten.

Comment