Doni Monardo Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa oleh IPB

KalbarOnline.com – Institut Pertanian Bogor (IPB) bakal memberikan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Letjen TNI Doni Monardo. Hal ini disetujui setelah melalui Rapat Pleno Senat Akademik (SA) IPB. Sesuai Peraturan Senat Akademik IPB Nomor 05 Tahun 2015 tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) di Lingkungan IPB, Letjen TNI Doni Monardo dinilai pantas untuk memperolehnya.

Gelar Doktor Honoris Causa dapat diberikan bila seseorang telah dianggap berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia. Gelar ini adalah sebuah gelar kesarjanaan yang diberikan oleh suatu universitas yang memenuhi syarat kepada seseorang, tanpa orang tersebut perlu untuk mengikuti dan lulus dari pendidikan yang sesuai untuk mendapatkan gelar kesarjanaannya.

“Penghargaan atas karya, prestasi, dedikasi, dan kontribusi yang luar biasa dalam bidang IPTEKS, serta atas pengabdian dan jasanya yang luar biasa bagi kemajuan pendidikan, pembangunan dalam arti luas, dan kemanusiaan,” ucap Rektor IPB Arif Satria kepada KalbarOnline.com, Senin (26/10)

Baca Juga :  Doni Monardo Minta Masyarakat Waspadai Makan Bersama

Dalam perjalanan karirnya, Doni Monardo yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 senantiasa memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Doni disebut membuktikannya dalam berbagai penugasan.

“Baik saat mulai bertugas di Aceh, kemudian Danrem 061/Surya Kencana Bogor, selanjutnya sebagai Danjen Kopasus, Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, Sesjen Wantannas, dan kini Kepala BNPB,” ucap Arif.

“Pengabdian dan jasa beliau yang luar biasa bagi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya di bidang ilmu pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, pendidikan, pembangunan pertanian dalam arti luas serta kemanusiaan akan menjadi inspirasi bagi kita semua,” tutupnya.

Baca Juga :  Kembangkan Green Economy, Jokowi Tinjau Pusat Sumber Benih di Rumpin

Diperoleh fakta yang kuat bahwa Letjen TNI Doni Monardo senantiasa berperan yang sangat nyata dalam meningkatkan dan mengembalikan kualitas lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia.

Terdapat lima rangkaian kegiatan aksi yang dinilai luar biasa, antara lain:

1. Membangkitkan kepedulian lingkungan dan memberikan pelatihan ketrampilan (environmental awareness and training);
2. Memobilisasi sumber daya (resource mobilization) dan membangun jaring kerja kolaborasi (pentahelix);
3. Memulihkan dan merehabilitasi keanekaragaman hayati spesies dan ekosistem;
4. Membangun kolaborasi penegakan hukum;
5. Melakukan advokasi kebijakan. Seluruh lima kegiatan tersebut dapat berjalan secara berkesinambungan, terutama karena adanya kepemimpinan lingkungan (environmental leadership) yang kuat dan menonjol pada Letjen TNI Doni Monardo.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment