Bamsoet: Roadmap Vaksin Covid-19 Harus Sistematis

KalbarOnline.com – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo mendorong, agar pemerintah dan Satgas Penanganan Covid-19 dapat mematangkan roadmap vaksinasi dengan baik dan sistematis mulai dari yang diprioritaskan sampai yang umum.

Sehingga, terang dia, pendistribusian vaksin nantinya dapat dilakukan secara merata sesuai kebutuhan daerah.

“Pemerintah dan Satgas Penanganan Covid-19 tidak terburu-buru dalam melakukan program vaksinasi dan terlebih dahulu memastikan keamanan serta kehalalan vaksin, yakni berdasarkan hasil pemeriksaan BPOM dan MUI, sehingga program vaksinasi berjalan aman dan efektif serta tidak ada penolakan dari masyarakat,” kata Bamsoet, Senin (26/10/2020).

Baca Juga :  Sowan ke Kyai Ubab Maimoen dan Gus Baha, Menag Diskusi Tantangan Hatespeech dan Sikap Intoleran

Lebih jauh, Politisi Golkar ini meminta, pemerintah dapat memprioritaskan kelompok-kelompok rentan dalam program vaksinasi, serta melakukan sosialisasi program vaksinasi tersebut kepada masyarakat agar dapat diketahui waktu dan tempat masyarakat mendapatkannya.

Tak hanya itu, Bamsoet mengharapkan, ada strategi untuk mengantisipasi jika terjadi penolakan dari masyarakat terhadap program vaksinasi.

Baca Juga :  Video Biden Kutip Hadist Viral, Berjanji Perlakukan Islam dengan Semestinya

“Komitmen pemerintah dan Satgas Penanganan Covid-19 untuk menjamin dan memastikan vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat terbukti aman dan efektif,” jelasnya.

“Serta memenuhi janjinya untuk memberikan vaksin secara gratis khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu, sebagai upaya pemerintah memenuhi hak warganya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” imbuhnya. [rif]

Comment