Abussamah, ASN Kalbar masuk Nominasi 40 Besar Kategori PNS Inspiratif Anugerah ASN 2020 oleh Kemenpan RB

Abussamah, ASN Kalbar masuk Nominasi 40 Besar Kategori PNS Inspiratif Anugerah ASN 2020 oleh Kemenpan RB

KalbarOnline, Nasional – Abussamah, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar berhasil masuk dalam 100 nominasi Anugerah ASN Tahun 2020 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB). Dari 100 nominasi itu, Abusamah terpilih dalam 40 kandidat PNS Inspiratif tahap pertama bersaing dengan seluruh PNS se-Indonesia. Anugerah ASN merupakan bentuk apresiasi kepada sosok yang telah memberikan kontribusinya dan sudah dirasakan langsung, baik oleh organisasi maupun masyarakat.

Terpilihnya Abussamah untuk mengikuti tahapan selanjutnya dalam Anugerah ASN ini berawal dari inisiatif rekan kerjanya, Nur Juliansah yang bertugas di Satpol PP Provinsi Kalbar, mendaftarkan dirinya untuk diusulkan sebagai penerima Anugerah ASN 2020. Ia menilai Abussamah sebagai sosok yang membanggakan dan menginspirasi bagi ASN lainnya.

Abussamah merupakan satu dari 100 ASN se-Indonesia yang terpilih sebagai nomine untuk bersaing menerima Anugerah ASN dari Kemenpan-RB. 100 nomine itu terbagi dalam tiga kategori, terdiri dari 40 nomine PNS Inspiratif, 30 nomine PTT Teladan dan 30 The Future Leader. Dari masing-masing kategori itu, selanjutnya akan diseleksi lagi menjadi 10 besar.

Abussamah, ASN Kalbar masuk Nominasi 40 Besar Kategori PNS Inspiratif Anugerah ASN 2020 oleh Kemenpan RB 2

“Alhamdulillah, saya terharu, senang dan bangga bisa masuk 40 besar PNS Inspiratif mewakili Provinsi Kalbar. Atas dukungan dan kepercayaan ini, maka saya harus bertanggung jawab dengan mengikuti kompetisi ini sebaik-baiknya,” ucapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/10/2020).

Dirinya juga mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kalbar dalam ajang penganugerahan bagi ASN se-Indonesia. Meskipun dirinya belum ada persiapan khusus, namun jika berhasil lolos pada tahap ini maka ia harus mempersiapkan diri guna menghadapi  observasi lapangan dan wawancara kata Kepala Bidang Perencanaan, Penatausahaan dan Pemanfaatan Aset pada Badan Keuangan dan Aset Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Milenial Ciptakan ID Card untuk Pasien Covid-19 Saat Isolasi Mandiri

Dukungan dari keluarga terutama orang tua, istri dan anak-anaknya menjadi penyemangat Abussamah dalam meraih prestasi sebagai ASN. Termasuk juga dari pimpinan, rekan kerja serta relawan/ penggiat dan komunitas dari berbagai bidang di Kota Pontianak dan sekitarnya. Tak lupa pula Tazki Acapella yang ikut serta dalam pembuatan video klip tentang Inovasi ChiPS kala dirinya bertugas di Sat Pol PP Kota Pontianak.

Abussamah, ASN Kalbar masuk Nominasi 40 Besar Kategori PNS Inspiratif Anugerah ASN 2020 oleh Kemenpan RB 3

Masih ada beberapa ide yang diakui alumni STPDN ini yg belum terlaksana secara optimal. Diantaranya adalah kerjasama/kolaborasi pemerintah daerah melalui dinas-dinasnya dengan para relawan/ penggiat dan komunitas dari berbagai bidang yang umumnya digeluti anak-anak muda. Menurut ayah dari tiga orang anak ini, masih banyak anak-anak muda yang peduli dan mau berbuat di berbagai bidang untuk mendukung program pemerintah dalam capaian pembangunan terutama untuk kesejahteraan masyarakat. Potensi ini dinilainya perlu digali sebab saat ini kita mendapat bonus demografi sehingga penduduk usia produktif melimpah. Hal itu sempat dilakukannya tatkala dirinya menjabat sebagai lurah.

“Alhamdulillah kehadiran kawan-kawan relawan/penggiat dan komunitas dari berbagai bidang sangat membantu dalam mendukung program pemerintah,” kata suami dari Luh Gede Suparyani.

Sosok PNS yang pernah bertugas di Pemkot Pontianak selama lebih kurang 15 tahun ini juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Operasi dan Ketertiban Umum Sat Pol PP. Beberapa penghargaan pernah diraihnya seperti Inagara Award dari LAN RI pada Tahun 2018 atas Inovasi Cegah Kumuh melalui Penertiban Subuh (ChiPS) yang digagasnya bersama Sat Pol PP. Pada saat itu Inovasi ChiPS berhasil meraih Terbaik Keenam pada Kompetisi Inovasi Pasca Diklatpim (Sinopadik) yang digelar Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI. ChiPS juga pernah dipaparkan oleh Dr Sofiati, Widyaiswara pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalbar pada Seminar Internasional Ikatan Widyaiswara Indonesia di BPSDM Provinsi Banten pada tahun 2019.

Baca Juga :  26 Teroris JAD Tiba di Jakarta, 19 Orang Adalah Anggota FPI

Selain itu Abussamah juga pernah diundang mengikuti Blended Learning Course for Local Governments Human Right City Approach to Localising SDGs in Asia Pacific Region di Gwangju Korea Selatan. Pada kesempatan itu Abussamah berkesempatan memaparkan Inovasi ChiPS sebagai salah satu upaya pemerintah mewujudkan Kota Pontianak sebagai kota yang nyaman dan aman melalui Gerakan Sat Pol PP Ramah. Hal ini disaksikan langsung oleh Sekretaris Jenderal The United Cities and Local Governments Asia Pacific (UCLG ASPAC).

Tak hanya prestasi, Abusamah juga mengisi waktu di luar kedinasan dengan berbagai kegiatan. Selain tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK), dirinya juga aktif dalam berbagai organisasi maupun komunitas. Diantaranya Peduli Kasih Anak Kalimantan (PKAK) – Sayang Pontianak, Posko Bersama (Kabut Asap, Karhutla), Aksi Gabungan Relawan/Komunitas (Ekspedisi Relawan, Pengibaran Bendera Merah Putih di atas Sungai Kapuas, Sembako Merah Putih), Pontianak Sembilan Belas (Pontianak Bejepin, Pontianak Betepok-Flashmob Song of Victory), Komunitas Darah Segar (Komdas), Purna Praja Kalbar Runner (PARA KADER) dan masih banyak lagi kegiatan lain yang diikutinya. (*)

Comment