Mir di Puncak, Tapi Kans Juara Dunia Quartararo dan Vinales Juga Besar

KalbarOnline.com-MotoGP 2020 yang berjalan di tengah pandemi Covid-19, tinggal menyisakan tiga balapan. Ini adalah saat-saat yang sangat krusial bagi para pembalap teratas untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Tiga balapan tersisa itu adalah GP Eropa dan GP Valencia yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 8 dan 15 November. Musim 2020 ditutup oleh GP Portugal yang tergelar di Autodromo Internacional do Algarve, Portimao pada 22 November.

Pasca GP Teruel yang berlangsung di Sirkuit Aragon malam ini WIB (25/10), pembalap Suzuki Ecstar Joan Mir semakin mantap di puncak klasemen sementara. Mir mengoleksi 137 poin.

Hari ini, Mir berhasil finis ketiga. Ini adalah pencapaian hebat. Sebab, Mir start dari posisi ke-12.

Sepanjang musim balap 2020, konsistensi Mir sangat luar biasa. Dia memang tidak pernah juara. Namun, Mir enam kali finis di podium. Hanya tiga kali dalam 11 balapan, Mir gagal menembus posisi lima besar.

  • Baca Juga: Dahsyat, Start Ke-12, Finis Ke-3, Joan Mir: Ini Bagaikan Kemenangan
Baca Juga :  Joan Mir Nyaman di Puncak, Suzuki Tak Singgung Team Order

“Saya sudah membalap 100 persen. Mendapatkan podium itu bagus. Saya start posisi ke-12 dan akhirnya podium, ini layaknya kemenangan bagi saya,” ucap Mir dalam wawancara setelah balapan.

Sementara itu, pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo kembali gagal bersinar. Dia hanya mampu menambah delapan poin karena finis kedelapan. Dalam tiga balapan terakhir, Quartararo selalu finis di luar peringkat tujuh besar.

Quartararo mengoleksi 123 poin atau berselisih 14 poin dari Mir. Bintang Yamaha Maverick Vinales juga gagal mencapai potensi terbaik dalam empat balapan terakhir. Setelah menjadi juara pada GP Emilia Romagna (20/9), Vinales terus gagal menembus podium.

Baca Juga :  Tim Putra Bali Raih Juara Ketiga Turnamen Voli Kapolri Cup 2023

Saat ini, Vinales mengoleksi 118 poin, berselisih 19 poin dari Mir. Secara matematis, baik Quartararo dan Vinales masih punya peluang besar untuk menjadi juara dunia 2020.

Rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli menjadi pemenang pada balapan hari ini. Start dari posisi kedua, Morbidelli berhasil melarikan diri pada awal-awal lap untuk menang sangat dominan.

Alex Rins dari Suzuki Ecstar sukses finis kedua. “Ini race yang bagus. Saya kira Franco memang pembalap yang sangat potensial. Saya mencoba mengikutinya, tetapi gagal. Yang terpenting, dengan ban depan soft, saya mampu mengamankan podium dan tidak melakukan kesalahan,” ucap Rins.

Comment