by

Sang Legenda Juara Dunia Empat Divisi Bangkit dan Pertahankan Gelar

KalbarOnline.com-Roman “Chocolatito” Gonzalez berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas bantam junior WBA hari ini (24/10) WIB. Pada pertarungan di Gimnasio TV Azteca, Meksiko, dia mengalahkan petinju tuan rumah Israel Gonzalez.

Roman menang lewat keputusan juri mutlak dalam 12 ronde. Tiga juri memberikan nilai yang sangat telak untuk Roman yakni 118-110, 117-111, dan 116-112.

Ini adalah pertarungan pertama Roman dalam mempertahankan gelar juara dunia kelas bantam junior miliknya. Dia kembali menjadi juara dunia dengan mengalahkan petinju Inggris Kal Yafai pada 29 Februari 2020. Bertarung di Ford Center, Frisco, Texas, Roman menang KO pada ronde kesembilan.

  • Baca Juga: Alasan Lain Mengapa Sabuk Juara Dunia WBA dan WBO Lomachenko Melayang

“Saya sangat bangga karena saya ternyata masih memiliki kekuatan. Saya merasa diberkati karena berhasil menjadi juara dunia lagi,” ucap Roman sebagaimana dilansir Boxing 247.

“Saya bekerja dengan sangat keras dalam training camp. Kalian semua sudah melihat hasilnya. Jadi, persiapan yang baik akan melahirkan hasil yang baik pula,” imbuh petinju berusia 33 tahun itu.

Kemenangan hari ini adalah yang keempat secara beruntun bagi petinju asal Nikaragua tersebut. Dia bangkit setelah dua kali dikalahkan petinju Thailand Srisaket Sor Rungvisai pada 2017. Ketika itu, Roman kehilangan sabuk juara dunia kelas terbang WBC.

Hasil positif hari ini membuat Roman punya kesempatan untuk melakukan pertarungan melawan Juan Francisco Estrada. Petinju asal Meksiko tersebut adalah juara kelas terbang WBC dan The Ring.

Dua jam setelah Roman naik ring, Estrada berhasil mempertahankan sabuk juara dunia miliknya dengan mengalahkan petinju Meksiko lainnya, Carlos Cuadras.

Roman Gonzalez sejatinya adalah nama besar dalam dunia tinju. Dia adalah juara dunia di empat divisi. Dia pernah menjadi juara dunia kelas jerami (strawweight), juara dunia kelas terbang junior, juara dunia kelas terbang, dan juara dunia kelas bantam junior.

Pada pertarungan hari ini, Roman memang tampil jauh lebih solid. Kombinasi pukulan kanannya mematikan dan terus mendesak Israel Gonzalez ke arah ring. Tampil jauh lebih dominan, Roman akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang.

Total, sepanjang kariernya, Roman melakukan 52 pertarungan. Hasilnya, dia menang 50 kali dan hanya 2 kali menelan kekalahan. Dalam perjalanannya, Roman mencatat 41 kemenangan KO dan 9 kali melalui kemenangan angka.

Comment

News Feed