by

9 Langkah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh kuat sangat diperlukan untuk mencegah kita terserang penyakit, terlebih di masa pandemi COVID-19. Berdasarkan Peta Sebaran Kasus Per Provinsi oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19, sebanyak 96.217 penduduk DKI Jakarta positif terinfeksi COVID-19. Rasio bahkan menunjukkan 1 dari 114 penduduk DKI Jakarta positif terpapar COVID-19.

Kita sering mendengar “COVID-19 semakin dekat saja”, yang menunjukkan orang yang terkonfirmasi positif adalah orang-orang di lingkaran terdekat kita. Selama obat dan vaksin untuk mengendalikan COVID-19 belum ditemukan maka melindungi diri dan keluarga dengan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat menjadi penting untuk dilakukan.

Bagaimana cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh? Nutrisionis untuk pencegahan penyakit, Emilia Achmadi MS., RDN., memberikan tips tentang hal ini. Apa saja ya kira-kira?

Baca juga: 5 Cara Mempertahankan Daya Tahan Tubuh Anak Tetap Kuat

9 Langkah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dijelaskan Emilia, imunitas adalah sistem pertahanan tubuh yang didesain untuk mendeteksi, melawan dan membunuh benda asing seperti virus dan bakteri. Memiliki imunitas yang baik tidak hanya berarti melindungi diri sendiri, namun juga melindungi orang-orang terdekat di inner-circle yang sering berinteraksi dengan kita.

Pasalnya dengan imunitas yang baik, maka tubuh seseorang tidak akan membawa virus yang kemudian dapat ditularkan kepada orang terdekat. Masyarakat dapat meningkatkan sistem imunitas dengan menjalankan gaya hidup sehat, yaitu dengan 9 langkah berikut ini:

1. Mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

2. Mengurangi makanan tinggi gula

3. Olahraga rutin. Olahraga akan meningkatkan suhu tubuh sehingga meningkatkan pertahanan diri saat virus dan bakteri menginvasi tubuh.

4. Istrirahat atau tidur cukup

5. Perhatikan berat badan. Obesitas berkaitan dengan inflamasi di tubuh yang bisa memperburuk kondisi saat terserang penyakit

6. Menjaga kebersihan diri dengan rajin cuci tangan dengan sabun.

7. Menghindari paparan asap rokok dan alkohol

8. Mengelola stres.

9. Konsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh

Baca juga: Wabah Virus Corona, Makan Apa ya untuk Menambah Daya Tahan Tubuh!

3 Herbal Peningkat Daya Tahan Tubuh Terpopuler

Lebih jauh Emilia memaparkan, ada banyak tanaman herbal yang sudah dimanfaatkan sebagai bahan pembuat suplemen peningkat daya tahan tubuh. Tiga yang paling populer adalah daun meniran, daun kelor, dan kunyi.

Ketiganya sudah terbukti dan dipercaya turun menurun dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh,” ujar Emilia dalam sesi webinar peluncuran suplemen Immunosupport oleh Herbana, Rabu (21/10).

Meniran mengandung zat aktif flavonoid yang dapat mengoptimalkan fungsi imunitas tubuh. Daun kelor kaya akan multivitamin, zinc, kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya yang diperlukan untuk pembentukan sistem imun, serta melawan infeksi virus dan bakteri.

Sementara itu, kunyit memiliki zat aktif kurkuminoid yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan dan anti virus. Jika ketiga herbal ini dikombinasikan secara baik dan benar, serta dikonsumsi secara teratur, maka akan bekerja secara efektif dalam mengoptimalkan mekanisme pertahanan tubuh.

Jesslyn Rahardjo, Founder of Herbana menjelaskan, suplemen herbal dengan kandungan meniran, daun kelor dan kunyit berfungsi memelihara dan memperkuat sistem pertahanan tubuh, serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Saat ini, setiap individu di DKI Jakarta pasti memiliki setidaknya satu orang dalam inner-circle-nya yang terjangkit COVID-19. Inner-circle adalah orang-orang yang berada di dekat kita, seperti orang tua, saudara, pasangan, kekasih, kerabat, relasi kerja dan teman komunitas. Melihat betapa cepatnya ancaman COVID-19 ini, maka kita harus lebih waspada. Oleh karena itu, penting menjaga imunitas tubuh tetap prima, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen herbal.”

Emilia menambahkan, bahwa daya tahan tubuh yang prima juga dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas menyenangkan. ”Ketika seseorang melakukan aktivitas yang menyenangkan, tubuhnya akan memproduksi hormon endorfin yang mampu meredakan stres dan memberikan efek relaksasi. Contoh aktivitas menyenangkan yang dapat masyarakat lakukan di rumah adalah bersantai, mendengarkan musik, berkebun, menulis jurnal, atau mewarnai,” tuturnya.

Baca juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Untuk Tetap Beraktivitas Seru!

Sumber:

Comment

News Feed