by

9 Bunga dengan Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak menyukai bunga. Tampilannya yang indah dan segar dipandang mata, sering digunakan sebagai elemen dekorasi. Selain itu, bunga kerap dijadikan hadiah untuk seseorang yang terkasih.

Tahukah Geng Sehat, di balik keindahannya, ada bunga-bunga yang ternyata bermanfaat juga untuk kecantikan. Kandungan yang terdapat di dalam bunga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik diri terutama bagi kaum wanita.

Baca juga: Mau Wajah Putih Alami, Lakukan Perawatan Kulit dengan Air Beras ala Korea

Bunga dengan Manfaat Kesehatan dan Kecantikan

Kita cari tahu yuk Gengs bunga-bunga yang memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan:

1. Mawar

Sekuntum bunga mawar merah sering digunakan sebagai simbol universal yang melambangkan cinta sejati. Senyawa polifenol yang terkandung dalam mawar menjadikannya sebagai sumber antioksidan alami.

Air mawar banyak dimanfaatkan dalam produk kecantikan karena kandungannya berupa flavonoid, polifenol, vitamin A, C dan E. Sifat antiseptik dan anti inflamasi yang dimiliki air mawar bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat. Gengs bisa membuat sendiri air mawar di rumah dan gunakan dalam rangkaian perawatan kulitmu sehari-hari sebagai toner untuk memberi kesegaran pada kulit dan mencegah penuaan dini.

2. Melati

Melati putih dikenal dengan aromanya yang khas dan sering dijadikan hiasan pengantin Jawa. Bunga melati melambangkan kesederhanaan, keanggunan, dan kerendahan hati. Minyak bunga melati (Jasmine oil) sering dimanfaatkan dalam produk perawatan kulit.

Jasmine oil dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu regenerasi sel-sel kulit. Dengan sel-sel kulit baru, hidrasi kulit terjaga, elastisitas meningkat dan mengurangi flek pada kulit. Tak hanya itu, melati juga dikenal memiliki khasiat menenangkan yang dapat membantu meredakan iritasi, gatal, dan kulit kering.

Baca juga: Pijat Kesehatan di Muka, Yuk! Berikut Caranya!

3. Anggrek

Anggrek bulan dikenal sebagai bunga nasional Indonesia kategori puspa pesona. Bentuknya yang khas dan warnanya yang cantik menjadikan anggrek dicintai. Jenis anggrek pun beraneka ragam. Kandungan alkaloid pada bunga anggrek memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi. Anggrek kaya akan lendir intraseluler (mucilage) yang berfungsi sebagai pelembab kulit. Studi menyebutkan jika ekstrak anggrek dapat menjaga hidrasi kulit dengan meningkatkan aquaporin.

4. Kembang Sepatu

Kembang sepatu sering dijadikan sebagai tanaman hias karena warnanya yang cerah dan bentuk bunganya yang khas. Kembang sepatu mengandung exfoliating acid, termasuk Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang memiliki efek mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit dan merangsang produksi kolagen. Selain itu kandungan nutrisi dan vitamin C pada kembang sepatu berfungsi melembapkan kulit dan menjaga keremajaan sel-sel kulit

Baca juga: 7 Makanan Kaya Vitamin C Selain Jeruk

5. Bunga Matahari

Bentuknya khas dan berwarna kuning terang persis seperti matahari. Yang sering dimanfaatkan untuk kecantikan adalah minyak bunga matahari. Kandungan vitamin E dan asam linoleat di dalamnya, menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga kelembabannya terjaga. Minyak bunga matahari juga memiliki sifat pelindung sinar matahari alami.

6. Bunga Teratai

Dikenal juga dengan nama Lotus, bunga ini diyakini sebagai lambang kehidupan. Walaupun hidup di lingkungan yang kotor, dia tetap menunjukkan keindahannya. Kaya akan antioksidan menjadikan teratai digunakan untuk menjaga kulit tetap awet muda. Ekstrak bunga teratai ampuh dalam menyerap kelebihan minyak sekaligus mengembalikan keseimbangan produksi minyak.Bunga teratai juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, lho.

7. Lavender

Lavender identik dengan warna ungunya yang cantik. Efek antibakterial di dalam lavender dikenal dapat mengatasi jerawat. Lavender juga dikenal dapat mengatasi gatal dan iritasi pada kulit sehingga sering digunakan pada kulit sensitif. Minyak lavender digunakan sebagai aromaterapi dan efektif dalam penyembuhan luka pada pemberian secara topikal.

Baca juga: Produk Perawatan Wajah yang Harus Dimiliki!

8. Bunga Chamomile

Bunga ini mempunyai aroma yang segar seperti buah apel. Chamomile mengandung azulene, yang memiliki efek mendinginkan kulit dan mengurangi peradangan serta pembengkakan pada kulit. Karena itu biasanya chamomile digunakan untuk mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam pada mata.

9. Bunga Sakura

Bunga sakura, warna pinknya saat bermekaran menandakan datangnya musim semi di Jepang. Tidak hanya cantik, ikon negara Jepang ini ternyata mempunyai manfaat untuk merawat kecantikan. Ekstrak bunga sakura memiliki kandungan kandungan caffeic acid yang dapat menghambat melanin sehingga dapat mencerahkan kulit. Adanya kandungan fatty acids dan minyak alami di dalamnya, dapat menjaga kelembaban pada kulit.

Bunga tidak hanya indah dipandang saja, Gengs. Bunga juga bermanfaat untuk kecantikan. Kamu bisa membuat sendiri formula di rumah dengan memanfaatkan bunga-bunga di pekarangan rumahmu. Atau menggunakan produk-produk perawatan kulit yang beredar yang mana memasukkan ekstrak bunga di dalam formula mereka untuk menambah manfaat dalam merawat dan mempercantik kulit.

Referensi

1. Nicolle A. 2017. 13 Flower Extracts with Unique Power Healing. https://www.americanspa.com/skincare

2. Brittany. 2020. Flower Power: The Benefits of 6 Key Floral Extracts in Skin Care. https://www.newbeauty.com

Comment

News Feed