Sejak Tim Berdiri, Tetap Setia, Pada Akhirnya Sekarang Berpisah

KalbarOnline.com-Haas memastikan bakal memiliki line-up pembalap baru untuk mengarungi F1 musim 2021. Keputusan tersebut sekaligus mengakhiri kerja sama tim balap asal Amerika Serikat itu dengan dua pembalap mereka saat ini, Romain Grosjean dan Kevin Magnussen, akhir musim ini.

Dua pembalap tersebut mengamini perpisahan mereka dengan Haas kemarin (22/10). Grosjean merupakan pembalap yang setia bersama Haas sejak mereka berkompetisi di F1 pada 2016. ’’Aku berharap yang terbaik untuk tim di masa depan,” tulis Grosjean di laman Facebook-nya.

Sementara itu, Magnussen yang berlabuh ke Haas pada 2017 menyebut banyak hal yang sudah dilalui bersama timnya. ’’Aku masih menyiapkan rencanaku selanjutnya, yang akan aku sampaikan pada waktunya,” kata Magnussen dilansir situs resmi F1.

Selama berkompetisi di F1 bersama Haas, belum sekali pun mereka meraih podium. Musim ini, mereka masih sulit bersaing dan hanya mengoleksi tiga poin dari Grosjean yang finis kesembilan pada balapan terakhir.

Baca Juga :  Sirkuit Sochi Sudah Sangat Siap Sambut 30 Ribu Fans

Team Principal Haas Guenther Steiner mengatakan, dua calon pembalap mereka nantinya harus lengkap dalam dua aspek. ’’Kami akan mencari pembalap (yang memiliki talenta dan kemampuan finansial) yang sama baiknya,” ujar Steiner dalam situs resmi F1.

Saat ini, Haas merupakan salah satu tim dengan anggaran paling sedikit di grid F1. Mereka tidak banyak menginvestasikan dana untuk infrastruktur, pengembangan, dan desain sendiri. Haas berniat melanjutkan model sebelumnya dengan membeli suku cadang dari Ferrari, seperti power unit girboks dan suspensi.

Nah, satu di antara slot pembalap Haas musim depan mungkin menjadi milik pembalap junior Ferrari (FDA). Anak kandung legenda F1 Michael Schumacher, Mick, menjadi kandidat terkuat.

Baca Juga :  8 Tim Berebut Jadi Wakil Singkawang di Turnamen MLBB Piala Gubernur Kalbar Musim Kedua

Mick yang kini berpeluang menjadi juara di kelas intermediate F2 juga sedang dikaitkan dengan Alfa Romeo untuk musim depan.

Ada juga pembalap FDA lainnya, Callum Ilott, yang juga punya kesempatan yang sama. Dia sebelumnya dijadwalkan mengaspal bersama Haas pada latihan bebas pertama di GP Eifel. Sayang, hujan dan kabut di Nuerburgring menggagalkan rencana tersebut. Selanjutnya, dia disiapkan untuk mengaspal di Abu Dhabi pada balapan penutup musim ini.

Pembalap Rusia Nikita Mazepin dikaitkan untuk mengisi satu slot lain dari Haas. Profil Mazepin dengan dukungan finansial besar bisa menjadi pilihan terbaik bagi Haas.

Haas bakal membuat pertaruhan besar jika memilih dua di antara tiga pembalap tersebut. Sebab, mereka akan memercayakan rookie untuk mengisi dua kursi balap mereka. ’’Semua bisa terjadi,” tutur Steiner.

Comment