Imigrasi Kelas III Putussibau Gelar Tim Pora Tingkat Kecamatan

Imigrasi Kelas III Putussibau Gelar Tim Pora Tingkat Kecamatan

Wujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Kantor Imigrasi Kelas III Putussibau melaksanakan rapat tim pengawasan orang asing (Tim Pora) tingkat kecamatan tahun 2020 yang dilangsungkan di Grand Banana Hotel Putussibau, Rabu (21/10/2020).

Kegiatan yang dihadiri Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalbar itu dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, perwakilan TNI-Polri serta sejumlah Camat dan Lurah.

Kepala Kantor Imigrasi kelas III Putussibau, Ali Hanafi menyampaikan, tujuan rapat Tim Pora tersebut dalam upaya mewujudkan koordinasi lintas instansi terkait, dalam pengawasan orang asing.

“Tema yang diangkat dalam pertemuan ini adalah Penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Putussibau di masa tatanan kehidupan baru dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga :  Tutup Raker, Wabup Askiman Minta Kades dan BPD Pahami Tata Kelola Pemerintahan Desa

Selain itu lanjut Hanafi, juga bertujuan untuk menguatakan peran antar instansi anggota Tim Pora terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing dalam rangka penegakan hukum keimigrasian dalam era new normal.

“Kemudian untuk memberikan pemahaman bahwa pengawasan orang asing merupakan tanggung jawab bersama dan untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh, terhadap keberadaan dan kegiatatn orang asing khususnya di wilayah Kapuas Hulu,” tandasnya.

Kegiatan ini disambut baik oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini. Menurutnya, dalam pengawasan orang asing perlu adanya koordinasi yang baik.

“Terutama dengan ada tim yang telah dibentuk oleh pihak Imigrasi sampai pada tingkat kecamatan. Dalam situasi pandemi Covid-19 juga diharapkan kepada tim yang telah dibentuk untuk bisa aktif dalam mengawasi lalu lintas orang asing di Kapuas Hulu,” tukasnya.

Baca Juga :  Angin Kencang Robohkan Bangunan Pesantren di Suhaid Kapuas Hulu

Sekda juga mengatakan, jika melihat kondisi sekrang, hendaknya para pihak terkait terus meningkatkan kerja sama dalam melaksanakan pengawasan terhadap orang asing.

“Khususnya untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Untuk itu sangat diharapkan bantuan dari seluruh peserta rapat untuk selanjutnya menginformasikan kepada masyarakat hal-hal yang berkaitan dengan keimigrasian dan pemeriksaan orang asing sesuai protokol covid-19,” pesan Sekda.

Ia memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu selalu berusaha maksimal untuk mendukung upaya pengawasan terhadap orang asing yang masuk ke wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

“Oleh karenanya, kami mengharapkan komunikasi dan koordinasi terjalin secara konsisten dan terus menerus agar setiap kebijakan kita dapat saling bersinergi dan mendukung Tim Pora,” pungkasnya. (Haq)

Comment