Tim Balap WSBK BMW Pakai Solusi 3D Print Buat Suku Cadang

KalbarOnline.com – Di ajang balap bergengsi tingkat internasional, performa pembalap tidak hanya ditentukan oleh faktor seberapa cepat kendaraan yang mereka gunakan. Lebih dari itu, tim yang solid, juga kelengkapan dan kecanggihan alat-alat penunjang di luar lintasan juga berpengaruh terhadap suksesnya suatu perlombaan.

Hal itulah yang kini tampaknya disadari BMW Motorrad. Jeli melihat perkembangan teknologi yang ada, BMW Motorrad untuk ajang World Superbike (WSBK), kini menggunakan solusi 3D Printer atau printer tiga dimensi untuk keperluan mencetak komponen suku cadang motornya secara cepat, hanya di area luar lintasan.

BMW Group sendiri sudah menerapkan solusi 3D printing untuk prosedur produksi di banyak area. Dan kini, BMW Motorrad Motorsport turut membawa kecanggihan teknologi tersebut ke arena balap, agar proses penggantian suku cadang motor balap BMW Motorrad di arena balap, bisa berlangsung cepat dan instan.

Selain itu, teknologi tersebut juga memungkinkan BMW Motorrad untuk memproduksi komponen prototipe baru yang cepat dan efisien, bahkan masih di sekitar arena sirkuit. Ini kemudian diuji pada BMW S 1000 RR sebelum diproduksi akhir di Munich, Jerman atau di lokasi pemasok.

Baca Juga :  Desain Honda Civic Hatchback Terbaru Bocor, Begini Penampakannya?

Ini juga berarti bahwa suku cadang yang lebih kecil yang sering tidak mengalami tekanan intens, dapat dibuat di tempat dan kemudian digunakan dalam balapan.

Biasanya, prosesnya adalah insinyur mengembangkan komponen baru, yang disimulasikan pada komputer, diproduksi dalam logam atau karbon, dipasang pada sepeda motor dan kemudian diuji di arena.

Namun, kemampuan pencetakan 3D memungkinkan untuk mengembangkan dan menguji komponen baru bahkan saat balapan sedang berlangsung. Dilansir dari laman resminya, BMW Motorrad Motorsport memiliki printer 3D portabel yang bisa dibawa-bawa ke setiap sirkuit di dalam truk dan kemudian dirakit di area pit BMW Motorrad WSBK Team pada akhir pekan balapan.

“Teknologi ini memungkinkan kami melakukan perbaikan pada RR (BMW S 1000 RR) dengan cepat dan efisien. Pengembangan sepeda WSBK merupakan proses yang berkelanjutan dan seringkali detail kecillah yang membuat sepeda motor menjadi lebih baik, ”kata Direktur BMW Motorrad Motorsport Marc Bongers.

Dia melanjutkan, di balik layar, teknisi mereka selalu bekerja untuk menyesuaikan dan mengoptimalkan komponen sepeda motor pembalap semua dalam kerangka perubahan yang diizinkan oleh peraturan. “Kita dapat menggunakan pencetakan 3D untuk menerapkannya di arena balap bahkan selama acara balapan,” lanjutnya.

Baca Juga :  Yamaha Rancang Sepeda Motor Ramah Lingkungan, Gunakan Bahan Bakar Air

Setelahnya, tim kemudian mengambil data yang diperoleh dan analisis selanjutnya digabungkan dengan komentar dari pembalap atau masukan dari mekanik yang mengerjakan motor itu sendiri dan menghasilkan masukan untuk tim pengembangan. Masukan ini berkontribusi pada munculnya ide-ide yang dapat diimplementasikan secara langsung dalam konstruksi yang sudah ada atau dalam simulasi dan proses berulang yang mengarah pada konstruksi baru, yang semuanya dieksekusi dalam CAD.

Komponen baru dicetak sebagai varian plastik dan fungsi serta kemudahan pemasangannya diperiksa pada motor balap yang bersangkutan. Proses ini sekarang jauh lebih cepat dari pada ketika mereka harus menunggu sampai suku cadang diproduksi baik secara internal maupun eksternal dan tersedia untuk evaluasi di arena.

“Juga, ini lebih mudah untuk mengevaluasi potensi sentuhan dengan bagian di sekitarnya atau akses terbatas daripada yang terlihat di layar,” tandas Bongers.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment