by

Jaguar Land Rover Luncurkan Peredam Bising, Sensor di Setiap Roda

KalbarOnline.com – Jaguar Land Rover sebelumnya dikabarkan menggunakan teknologi Active Noise Canceling (ANC) atau peredam kebisingan aktif untuk digunakan di mobil-mobilnya. Teknologi tersebut akan memungkinkan terciptanya keheningan kabin lebih secara artifisial lewat peredam kebisingan aktif.

Kini, Jaguar Land Rover dikabarkan telah resmi meluncurkan solusi teknologi tersebut untuk mobilnya. Teknologi tersebut banyak diadopsi oleh para pabrikan teknologi untuk perangkat ponsel dan earphone.

ANC seperti namanya mampu secara aktif menangkal suara bising di sekitar untuk menciptakan keheningan bagi pemakainya. Sementara yang dilakukan Jaguar kurang lebih mirip. Sistem ANC Jaguar menggunakan teknologi Akustik Aktif Silentium yang menampilkan sensor di setiap roda.

Dirangkum dari laman resminya, cara kerja sistem ini adalah sensor ditempatkan pada setiap roda mobil, tempat memantau hal-hal seperti getaran dari permukaan jalan yang mungkin tidak rata. Berdasarkan getaran tersebut, sistem kemudian dapat menghitung gelombang suara fase berlawanan yang diperlukan untuk membantu menghilangkan suara tersebut, serupa dengan cara kerja earphone dan teknologi peredam bising yang dipakainya.

Menurut Kepala Petugas Medis Jaguar Land Rover, Steve Iley, teknologi peredaman bising di jalan aktif tidak hanya berpotensi meningkatkan keselamatan jalan, tetapi juga kesejahteraan dan kualitas hidup pelanggan mereka.

“Di dunia pasca-virus Korona dan aktivitas normal baru, kami berharap ekspektasi pelanggan terhadap transportasi pribadi berubah. Fokus ekstra akan ditempatkan pada mobilitas yang aman dan bersih di mana ruang pribadi, kesejahteraan, dan kebersihan menjadi prioritas,” ungkap Iley.

Lebih lanjut, dirinya percaya bahwa suara bising di kabin dapat menyebabkan stres pengemudi. Hal ini yang kemudian memacu Jaguar Land Rover sedemikian rupa untuk mengembangkan sistem peredam bising dalam mobil yang mereka klaim dapat mengurangi puncak kebisingan yang tidak diinginkan sebanyak 10 dB.

Jaguar F-Pace, Jaguar XF, dan Range Rover Velar yang diperbarui kemungkinan menjadi mobil-mobil pertama yang hadir dengan teknologi tersebut. Selanjutnya, Jaguar Land Rover tampaknya juga akan menggunakan teknologi tersebut di banyak mobil besutan mereka yang lain.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment

News Feed