Mengapa Penting Menyenangkan Diri Sendiri?

Kadang kita merasa bersalah setelah menghabiskan banyak uang untuk berbelanja sepatu, traveling ke luar negeri, nonton konser, dan kegiatan menyenangkan lainnya. Jangan pernah merasa bersalah, Gengs! Menurut sebuah studi baru, memanjakan diri dalam bentuk kesenangan singkat, sama pentingnya seperti mengejar kebahagiaan kita dalam jangka panjang.

Pandemi virus korona mungkin telah membuat Kamu mengurangi aktivitas menyenangkan. Tidak bisa lagi berkumpul bersama teman di coffee shop, berburu tiket murah di luar kota atau luar negeri, dan aktivitas hiburan lain, seperti sebelum pandemi.

Namun, jangan Kamu lupa bahwa menyenangkan diri sendiri itu penting. Tak perlu harus mengeluarkan biaya mahal, Kamu cukup menikmati momen-momen kecil menyenangkan melalui rutinitas harian. Misalnya, menikmati kopi di sudut halaman rumah, berbelanja online keperluan berkebun, atau menyalurkan hobi yang bisa Kamu lakukan dari rumah. Apa saja sih manfaat menyengakan diri sendiri?

Baca juga: Ini 7 Cara Sederhana Menghilangkan Stres

Manfaat Menyenangkan Diri Sendiri

Studi yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin, menemukan bahwa bersikap hedon sesekali berhubungan positif dengan kebahagiaan dan kepuasan hidup. Dalam penelitian, peserta diminta menjawab serangkaian pertanyaan tentang kemampuan mereka untuk mengejar kesenangan jangka pendek. Dalam hal ini kemampuan untuk bersantai dan melepas lelah.

Peserta juga diminta menjawab pertanyaan terkait pemikiran apa saja yang mengganggu saat mereka menikmati aktivitas yang mereka pilih. Misalnya, memikirkan pekerjaan saat tengah bersenang-senang atau memikirkan tabungan saat berbelanja, dan sebagainya.

Baca Juga :  Awas Bahaya Menahan Kentut!

Dari hasil jawaban peserta, peneliti menyimpulkan bahwa pengendalian diri yang baik sangat menentukan kebahagiaan. Intinya, kemampuan untuk menikmati kesenangan kecil dalam hidup tanpa menyesali diri sendiri akan membuat seseorang bahagia. Intinya Kamu bisa bersenang-senang namun harus tahu batas tentang kesenangan jangka pendek yang positif.

Berikut ini manfaat menyenangkan diri sendiri menurut para peneliti:

1. Menjauhkan diri dari risiko depresi

Semua pembatasan akan menimbulkan perasaan negatif. Kamu yang senang bersosialisasi tentu stres saat harus berdiam diri di rumah. Sama halnya bagi yang suka traveling namun dibatasi oleh kondisi saat ini. Menghentikan sepenuhnya hal-hal yang Kamu senangi dapat memiliki efek berlawanan untuk hidup sehat dan bahagia.

Maka, sesekali belanjakan uang Kamu untuk kesenangan diri sendiri. Lakukan perjalanan ke tempat yang sudah Kamu impikan, akan membuat Kamu kembali dalam kondisi lebih fresh dan sehat.

2. Refreshing dan mulai yang baru

Dalam dunia kerja yang cepat dan kompetitif, terkadang sulit menemukan cara untuk menghindari kelelahan dan membantu diri Kamu segar kembali. Di situlah peran menyenangkan diri sendiri diperlukan. Melakukan sesuatu untuk menyenangkan diri sendiri adalah cara mudah untuk menekan tombol ‘restart’ dan untuk memotivasi Kamu agar bisa bekerja lebih keras lagi.

Ketika ada rekan yang berpendapat bahwa menyenangkan diri sendiri hanyalah sebuah pemborosan, sebaiknya jangan menjadi penghalang. Bedakan boros dan menikmati hidup. Selama Kamu memiliki dana untuk bersenang-senang tanpa harus menghabiskan tabungan apalagi berhutang, Kamu bisa melakukan apa saja: perawatan spa, berjalan-jalan ke pantai, atau makan makanan favorit untuk memanjakan diri.

Baca Juga :  Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan Dalam Rangka Persiapan Kunjungan Presiden RI ke Kalbar
Baca juga: Mengapa Semua Orang Menyukai Diskon?

3. Mengurangi stres

Menyenangkan diri sendiri adalah bagian penting dari manajemen stres. Stres dapat merusak tubuh kita, baik secara fisik maupun mental. Kamu akan mengalami gangguan tidur dan berisiko memiliki hipertensi, dan penyakit kronis lainnya saat terus menerus stres.

Dengan melakukan hal yang menyenangkan dan positif, Kamu bisa menghilangkan stres dan justru kembali dalam kondisi lebih produktif. Dalam jangka panjang, tingkat kepercayaan diri meningkat dan Kamu lebih bahagia.

4. Meningkatkan mood baik

Jika Kamu mulai sering marah-marah dan frustrasi, mungkin saatnya Kamu berhenti dari kesibukan dan menenangkan diri. Saatnya menyenangkan diri sendiri dengan cara tertentu, baik itu langkah kecil maupun besar.

5. Kamu adalah prioritas

Memprioritaskan diri sendiri tidak selalu berarti egois. Selama setahun, Kamu mungkin sudah bekerja keras, selalu sibuk dengan pekerjaan dan mengurus anak, bagi yang sudah berkeluarga. Ambil cuti dan gunakan kesempatan ini untuk memanjakan diri.

Jadi, jangan lagi merasa bersalah karena bersenang-senang ya Gengs! Kamu membutuhkan kesenangan untuk tujuan hidup yang lebih panjang, hidup yang bebas stres dan sehat.

Baca juga: Berniat Solo Traveling? Yuk, Simak Tipsnya!

Referensi:

Stylist.co.uk. Self care short term to treat youself.

Goalcast.com. You come first. Treating youself healthy not frivolous.

Comment