Makanan yang Bisa Menyebabkan Mata Bengkak

Pernah enggak sih Geng Sehat bangun di pagi hari dengan mata bengkak padahal sudah tidur cukup dan nyenyak? Ternyata, penyebab mata bengkak bukan hanya karena kurang tidur, tapi juga bisa disebabkan oleh makanan yang Geng Sehat konsumsi.

Apa saja makanan yang bisa menyebabkan mata bengkak? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis-jenis Minyak Zaitun!

Makanan yang Bisa Menyebabkan Mata Bengkak

Makanan kaleng umumnya mengandung banyak sodium. Pasalnya, sodium digunakan dalam proses pengolahan makanan kaleng. Hal ini bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan, salah satunya mata bengkak.

Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi atau memasak makanan kaleng, coba bilas terlebih dahulu untuk mengurangi kandungan sodiumnya yang berlebih. Selain makanan kaleng, tomat juga termasuk salah satu makanan yang bisa menyebabkan mata bengkak. Tomat mengandung solanin, yang dikenal bisa menyebabkan inflamasi serta kebengkakan. Jadi, kalau mata Kamu selalu bengkak, maka kurangi konsumsi tomat.

Kemudian, kalau Kamu alergi terhadap gandum atau jika Kamu memiliki kondisi intoleransi gluten, maka mengonsumsi semua makanan yang mengandung gluten atau gandum bisa menyebabkan mata bengkak.

Intoleransi laktosa juga merupakan salah satu kondisi yang cukup umum. Kalau Kamu memiliki kondisi ini, maka metabolisme tubuh Kamu tidak bisa mencerna produk susu dengan baik. Jadi, jika Kamu mengonsumsi apapun yang mengandung produk susu, maka bisa menyebabkan mata bengkak.

Baca Juga :  Kunjungi RSUD Kota Pontianak, TPPS Perkuat Kolaborasi Penanganan Stunting

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, gula juga termasuk salah satu makanan yang bisa menyebabkan mata bengkak. Gula bisa menyebabkan inflamasi di seluruh tubuh, khsusunya di sekitar mata, inflamasinya lebih terlihat karena kulit di sekitarnya tipis dan mudah bengkak. Jadi, kurangi konsumsi gula kalau Kamu selalu mengalami mata bengkak. Selain itu, mengurangi konsumsi gula juga baik untuk kesehatan secara menyeluruh.

Kemudian, cabai juga termasuk makanan yang bisa menyebabkan mata bengkak. Selain mengandung solanin, cabai juga mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang bisa menyebabkan jaringan terbakar dan terinflamasi. Inflamasi ini bisa saja terjadi di sekitar mata, sehingga menyebabkan mata bengkak.

Baca juga: 8 Makanan Sehat yang Paling Sering Direkomendasikan untuk Anak

Makanan yang Aman dan Tidak Membuat Mata Bengkak

Parsley merupakan makanan yang dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Jadi, jika Kamu sering mengalami mata bengkak di pagi hari, cobalah mengonsumsi parsley di waktu sarapan untuk meredakannya.

Baca Juga :  Membaca Label Nutrisi, Kunci Keberhasilan Diet?

Kalau mata bengkak merupakan masalah yang sudah sering Kamu alami, coba juga mengonsumsi oatmeal di pagi hari. Salah satu penyebab mata bengkak adalah konstipasi. Gandum kaya akan serat dan membantu meredakan masalah pencernaan, sehingga juga meredakan mata bengkak.

Selain gandum, alpukat juga bisa digunakan untuk meredakan mata bengkak. Kamu hanya perlu mengaplikasikannya dari luar. Tempelkan irisan alpukat di sekitar mata dan biarkan selama 10 menit.

Mata bengkak dan kantung mata bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin K, dan alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin tersebut. Jadi, alpukat bisa digunakan untuk meredakan mata bengkak.

Selain alpukat, mentimun juga bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak. Tempelkan irisan mentimun di sekitar mata dan diamkan selama beberapa menit. Mentimun bisa menyegarkan mata dan mengatasi kantung mata. (UH)

Baca juga: Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dimakan oleh Ibu Hamil saat Diare

Sumber:

Brightside. 6 Foods That Can Give You Puffy Eyes and 4 That Can Fix Them.
Purre Wow. Foods That Can Give You Puffy Eyes and 4 That Can Fix Them. Desember 2016.

Comment